Jokowi Resmikan Distrik Halal Senilai Rp 250 Miliar di Area GBK

Michael Reily
16 April 2019, 13:57
GBK, Distrik Halal, Wika, Global Muslim Travel Index, Halal Park, Gelora Bung Karno, Jokowi
Antara
Ilustrasi peragaan busana muslim.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan distrik halal di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang nilai investasinya mencapai Rp 250 miliar. PT Wijaya Karya Tbk menjadi perusahaan yang bakal membangun distrik seluas 21 ribu meter persegi itu.

Jokowi menjelaskan, industri halal merupakan segmen pasar Tanah Air yang potensial. Proyeksi transaksinya tahun ini mencapai US$ 3,7 triliun (sekitar Rp 52.067 triliun), naik dari permintaan 2013 yang hanya US$ 2 triliun (Rp 28.144 triliun). “Sebagai embrio, Halal Park akan kita bangun,” katanya saat peresmian di Jakarta, Selasa (16/4).

Dia menjelaskan, pembangunan Halal Park sudah menjadi rencana pemerintah sejak 2018. Apalagi, Indonesia merupakan negara muslim terbesar dan menempati posisi pertama dalam Global Muslim Travel Index (GMTI) untuk wisata halal.

Berdasarkan Global Islamic Economic Reports, Indonesia juga berada posisi kedua dalam fesyen muslim. Potensi transaksi busana halal tahun depan sebesar US$ 327 miliar. 

Jokowi juga menargetkan target kunjungan wisatawan muslim tahun ini sekitar 5 juta orang atau sekitar 25% dari jumlah kedatangan turis asing. “Oleh sebab itu, wisata halal telah ditetapkan sebagai leading sector-nya, penggerak utama bagi pengembangan industri halal,” ujarnya.

(Baca: RI dan Malaysia Terbaik dalam Wisata Halal, Menpar Klaim Lebih Unggul)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...