Ketimbang IPO, Traveloka Fokus Kembangkan Aplikasi

Desy Setyowati
22 April 2019, 15:07
Head of Marketing Accommodation Indonesia Traveloka Shirley Lesmana; PR Director Sufintri Rahayu dan Head of Growth Management Tranportation Product Iko Putera.
Desy Setyowati/Katadata
Head of Marketing Accommodation Indonesia Traveloka Shirley Lesmana; PR Director Sufintri Rahayu dan Head of Growth Management Tranportation Product Iko Putera.

Bursa Efek Indonesia (BEI) sempat menyampaikan bahwa Traveloka berminat untuk menjadi perusahaan terbuka. Namun, Traveloka membantah hal itu.

Public Relations Director Traveloka Sufintri Rahayu mengatakan, perusahaannya fokus mengembangkan aplikasi agar menjadi discovery platform. "Saat ini, pencatatan saham perdana (Initial Public Offering/IPO) bukan fokus utama kami," ujar dia saat konferensi pers di Restoran Ocha and Bella, Jakarta, Senin (22/4).

Advertisement

(Baca: Bukan SupperApp, Traveloka Menobatkan Diri Jadi Discovery Platform)

Discovery platform yang dimaksud, Traveloka ingin menyediakan layanan end to end terkait perjalanan (travel) dan gaya hidup (lifestyle) dalam satu aplikasi. Disebut end to end service karena layanan yang tersedia mulai dari perencanaan hingga selesai melakukan perjalanan.

Di samping itu,  Traveloka menyadari bahwa masyarakat dewasa ini menyukai kegiatan leisure seperti makan di restoran atau menginap di hotel yang unik. “Kami baru tujuh tahun. Permintaan dari pengguna kami luar biasa, ‘ayo dong tambah fitur ini itu’. Kami merasa fokus utama kami membesarkan platform discovery itu,” ujarnya.

(Baca: BEI: Traveloka Beri Sinyal Tertarik untuk IPO)

Saat ini Traveloka memiliki lebih dari 10 layanan. Di antaranya transportasi seperti bus dan shuttle, pemesanan tiket pesawat, isi ulang (top-up) dan paket data, penjemputan di bandara, hotel, rekomendasi kuliner, sewa mobil, aktivitas hiburan, tiket menonton film hingga kereta api.

Untuk itu, Traveloka menyebut aplikasi mereka sebagai discovery platform. “Kami memang mau fokus di travel dan lifestyle, menyediakan end to end service dan produk yang membuat pengguna kami lebih jaya di sisi pengalamannya,” kata dia.

Dalam waktu dekat, Traveloka meluncurkan fitur baru. Hanya Sufintri enggan menjelaskan detail mengenai fitur tersebut. Dia hanya menegaskan, bahwa layanan yang disediakan Traveloka merupakan hasil riset terkait kebutuhan konsumen selama beberapa tahun.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement