SKK Migas Luncurkan Indonesia Oil & Gas Institute

Image title
30 April 2019, 14:50
SKK Migas, pusat data migas
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, logo SKK Migas

 Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) meluncurkan Indonesia Oil & Gas Institute (IOGI), yang merupakan lembaga pusat data hulu migas. Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan lembaga ini akan mendukung pengelolaan bisnis hulu migas berbasis data yang dimiliki SKK Migas.

"Dengan demikian kita harapkan SKK Migas dapat bekerja sama dengan ESDM, lebih khususnya upstream. Supaya data-data yang akan keluar juga akurat," ujar Dwi di Kantor SKK Migas, Jakarta, Selasa (30/4).

IOGI adalah lembaga yang akan menjadikan SKK Migas sebagai center of excellence dan center of knowledge industri hulu migas di Indonesia. Para pekerja SKK Migas yang ahli di bidang pekerjaannya masing-masing dapat memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan industri hulu migas mengenai business and market intelligence.

Sehingga IOGI dapat menjadi sumber data yang terpercaya bagi para calon investor.  Dengan begitu dapat mendorong tumbuhnya investasi hulu migas Indonesia, dan menjadi sumber dari rencana dan strategi jangka panjang untuk cadangan hidrokarbon, lifting, hingga optimasi biaya operasi hulu migas.

(Baca: SKK Migas Fokus Kembangkan 10 Area Migas Potensial Raksasa)

Contohnya, penemuan cadangan gas yang signifikan di Wilayah Kerja Sakakemang, Provinsi Sumatera Selatan, pada awal tahun 2019. Keberhasilan tersebut merupakan hasil evaluasi SKK Migas dalam memetakan sepuluh area potensial giant discovery.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...