BP Kembali Gandeng AKR Bangun SPBU di Surabaya

Image title
2 Mei 2019, 20:57
spbu akr surabaya
AKR
BP-AKR baru saja meresmikan SPBU kedelapan yang berlokasi di Surabaya

BP terus mengembangkan bisnis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Indonesia. BP bekerja sama dengan PT AKR Corporindo (AKR), baru saja membuka satu SPBU di Jalam Raya Gubeng, Surabaya.

Hingga saat ini, BP-AKR telah bekerja sama membangun delapan SBPU.  Direktur AKR Suresh Vembu SPBU mengatakan target akhir tahun akan membuka 20-25 SPBU di Indonesia. Sayangnya, Suresh masih enggan menyebut besaran investasi untuk bisnis tersebut.

"Itu belum bisa disclose, tapi saham AKR 50,1%, BP 49,9%," katanya saat dihubungi Katadata.co.id, Kamis (2/5).

(Baca: Konsumsi BBM Diproyeksikan Naik 15% Selama Ramadan-Idul Fitri)

Seluruh SPBU tersebut menggunakan sistem Company Owned Company Operated (COCO) yang dioperasikan oleh perusahaan patungan BP-AKR, PT Aneka Petroindo Raya (BP AKR Fuels Retail). Selain menggunakan sistem COCO, BP-AKR juga sedang memperluas jaringan ritelnya melalui jalur dealer dengan menggandeng mitra- mitra potensial melalui sistem Dealer Owned Dealer Operated (DODO).

Untuk diketahui, BP memang bukan pemain baru dalam bisnis hilir migas dunia. Sebelum membuka di Indonesia, BP sudah mengoperasikan SPBU di banyak negara. Saat ini BP telah memiliki lebih dari 18 ribu unit SPBU di 20 negara di seluruh dunia.

(Baca: Shell Tawarkan Bisnis SPBU melalui Skema Kemitraan)

Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...