Dibuka di Zona Hijau, IHSG Rawan Koreksi karena Sentimen Perang Dagang

Happy Fajrian
13 Mei 2019, 11:05
ihsg, bursa efek indonesia, perang dagang
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi pergerakan IHSG.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) naik 16,28 poin atau 0,26% ke posisi 6.225,39 pada pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) awal pekan ini, Senin (13/5).

Kinerja IHSG berkebalikan dengan bursa saham utama Asia yang mayoritas mengalami koreksi pada pagi ini. Indeks Strait Times saat ini telah terkoreksi hingga 1,16%, Kospi turun 1,11%, Shanghai turun 0,91%, sedangkan Nikkei 225 turun 0,50%. Sementara itu indeks Hong Kong, Hang Seng hari ini libur.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menilai hasil pertemuan Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok terkait perang dagang masih akan mempengaruhi laju IHSG, terutama pada perdagangan hari ini.

"Hasil pertemuan pada kesepakatan perdagangan yang akan mengarah secara global pada repricing aset berisiko, kondisi pembiayaan yang lebih ketat, dan pertumbuhan yang lebih lambat," tulis Lanjar dalam risetnya.

(Baca: Pekan Lalu Turun 1,75%, IHSG Minggu Ini Berpotensi Lanjutkan Koreksi)

Dilansir dari Reuters, perundingan dagang AS-Tiongkok pada pekan kemarin menemui jalan buntu setelah pihak AS menagih janji perubahan yang nyata terhadap hukum Tiongkok terkait sejumlah tuntutan AS, sedangkan pihak Tiongkok mengatakan bahwa mereka tidak akan bersedia melakukan sesuatu yang akan melukai kepentingan nasionalnya.

Pemerintah AS memberikan waktu maksimal empat pekan kepada Tiongkok untuk menyetujui kesepakatan. Namun, jika tidak ada titik terang diantara kedua negara tersebut, maka AS akan menaikkan tarif impor terhadap US$ 325 miliar produk Tiongkok yang selama ini belum tersentuh perang dagang.

Kedua negara pun sepertinya memiliki rencana yang berbeda terkait kelanjutan perundingan dagang tersebut. Pemerintah AS menyatakan tidak ada rencana pembicaraan dagang lebih lanjut. Namun, Pemerintah Tiongkok melaporkan bahwa pembicaraan dagang selanjutnya diperkirakan akan berlangsung di Beijing, Tiongkok.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...