Avengers:Endgame Dorong Penjualan Tiket di Go-Tix Tumbuh 82%

Penulis: Michael Reily

Editor: Pingit Aria

16/5/2019, 03.00 WIB

Penjualan tiket film nasional juga tumbuh.

Aktris Brie Larson berpose dengan penggemar di karpet merah penayangan perdana film \\\
ANTARA FOTO/REUTERS/Mario Anzouni
Aktris Brie Larson berpose dengan penggemar di karpet merah penayangan perdana film \"The Avengers: Endgame\" di Los Angeles, California, Senin (22/4/2019).

Loket mencatat, penjualan tiket film di Go-Tix tumbuh hingga 82% selama lima bulan pertama 2019 dibandingkan periode yang sama tahun lalu berkat film Avengers: Endgame. Go-Tix merupakan produk Loket setelah akuisisi oleh Gojek pada Agustus 2017 lalu.

VP Marketing Loket Ario Adimas mengungkapkan, penjualan tiket Avengers sangat fantastis. "Avengers punya cara tersendiri untuk membuat bioskop lakukan sistem pemasaran yang unik," kata Adimas di Jakarta, Rabu (15/5).

Menurutnya, pangsa pasar film luar masih lebih tinggi daripada film lokal. Namun, jika Avengers:Endgame tak dihitung, film Indonesia cukup mampu menyaingi penjualan tiket film asing.

Apalagi, film-film seperti Keluarga Cemara dan Dilan 1991 mampu merebut simpati penonton. "Ternyata angka besar di Go-Tix juga didorong oleh film lokal," ujar Adimas.

(Baca: Penjualan Tiket Pertandingan Olahraga Dorong Pertumbuhan Loket)

Dia mengungkapkan, para penonton film nasional juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Menurutnya, fenomena tingginya kuantitas dan kualitas produksi film Indonesia mulai tergambarkan sejak tahun 2016 dan terus menanjak hingga sekarang.

Sebelumnya, TIX ID berhasil menjual 2,5 juta tiket film Avengers Endgame dari sejak pembukaan penjualan pada 16 April hingga 5 Mei 2019. Bahkan, TIX ID mencatatkan penjualan 1 juta tiket Avengers Endgame pada masa presale, yaitu 16 hingga 23 April 2019. Ini diklaim sebagai rekor penjualan secara online tiket bioskop di Indonesia.

“Saat ini sudah mulai terjadi pergeseran budaya dalam mendapatkan tiket bioskop di kalangan penonton film di Indonesia,” kata Direktur TIX ID Sean Kim seperti dikutip dari siaran pers, pekan lalu.

(Baca: TIX ID Cetak Rekor Penjualan Berkat Avengers Endgame)

Sebelumnya, kata dia, masyarakat terbiasa dengan antrean panjang pembelian tiket film di loket bioskop. Namun kini, semakin banyak masyarakat yang meminati pembelian tiket secara online melalui aplikasi yang ada di dalam ponsel.

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan