Diuji Coba Sejak Akhir 2018, Grab Akhirnya Rilis GrabBajay

Desy Setyowati
23 Mei 2019, 17:13
Grab, GrabBajay
Grab
Grab meluncurkan GrabBajay hari ini, Kamis (23/5), di Jakarta.

Perusahaan penyedia layanan on-demand  Grab meluncurkan layanan transportasi terbarunya, yakni GrabBajay. Layanan ini sudah diuji coba dalam versi beta oleh Grab sejak September 2018 lalu.

Saat ini, Grab telah menggaet 60 mitra pengemudi GrabBajay. Seluruh mitra pengemudi GrabBajay tersebut telah melalui uji KIR dan memiliki surat jalan yang berlaku. Grab  menetapkan tarif Rp 3 ribu per kilometer untuk layanan GrabBajay ini. Namun, ada tarif minimal Rp 9 ribu, untuk jarak empat hingga lima kilometer.

Head of Public Affairs Grab Indonesia Tri Sukma Anreianno mengatakan, Bajaj yang terdaftar dalam GrabBajay menggunakan bahan bakar gas. “Kami percaya bisa meningkatkan pengalaman pelanggan, khususnya bagi mereka yang ingin mendapatkan akses transportasi yang aman dan nyaman dengan skema harga yang lebih pasti dan terintegrasi dengan Grab,” ujarnya di Jakarta, Kamis (23/5).

(Baca: Grab Uji Coba Layanan Bajaj di DKI Jakarta)

Penumpang juga dapat mengakses informasi nomor pelat bajay di aplikasi. Untuk meningkatkan keamanan, Grab melatih mitra pengemudi. Pelatihan itu mencakup cara berkendara hingga melayani penumpang.

Fitur dan kemanan seperti inilah yang dikaji Grab sejak uji coba GrabBajay pada akhir tahun lalu. Menurut Tri, layanan GrabBajay unggul dari sisi keamanan dibanding transportasi bajay lainnya. “Ada perbaikan (setelah uji coba), seperti tarif, rute mana yang jalan protokol dan tidak,” kata dia.

Layanan GrabBajay ini baru tersedia di lima titik utama di Jakarta, yakni Stasiun Jakarta Kota, ITC Mangga Dua, Stasiun Mangga Besar, Stasiun Sawah Besar, dan Pasar Baru. Grab juga menyediakan 15 shelter untuk GrabBajay di Jakarta Pusat. Setiap shelter bisa menampung empat hingga lima Bajaj.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...