Startup Pesan-Antar Makanan Asal Malaysia Berencana Masuk Indonesia

Desy Setyowati
23 Mei 2019, 12:29
Pesan-Antar Makanan asal Malaysia Dahmakan, Ekspansi ke Singapura dan Indonesia, Silicon Valley
KrispyKreme Instagram
Ilustrasi. Dahmakan menggunakan algoritma dan AI untuk menyediakan layanan pesan-antar makanan.

Perusahaan penyedia layanan pesan-antar makanan asal Malaysia, Dahmakan baru saja mengumpulkan US$ 5 juta dari putaran pendanaan seri A. Tambahan modal ini rencananya akan dipakai untuk ekspansi ke Singapura dan Indonesia.

Namun, menurut laporan The Independent, Dahmakan akan memperluas cakupannya di Malaysia terlebih dulu. Baru kemudian ekspansi ke Singapura dan Indonesia. Tahun lalu, Dahmakan merambah Bangkok setelah mengakuisisi startup pengiriman makanan lokal, Polpa.

Advertisement

Dahmakan adalah salah satu startup di Asia Tenggara yang berhasil diakselerasi oleh Y-Combinator di Silicon Valley pada 2017. Investor yang terlibat dalam pendanaan seri A adalah Modal UpHonest China, Mitra Partech Silicon Valley, Atami Capital dan Y-Combinator.

(Baca: Gojek Catat Pesanan Go-Food Melonjak 86% Selama Ramadan)

CEO Dahmakan Jonathan Weins mengatakan, perusahaannya telah mengembangkan sistem operasi yang mengurangi struktur biaya pengiriman makanan secara drastis. “Teknologi memungkinkan kami untuk memberikan makanan berkualitas lebih baik dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan startup pengiriman makanan berdasarkan permintaan lainnya,” ujarnya dikutip dari e27, kemarin (22/5).

Dahmakan menggunakan model cloud kitchen, yang menyediakan layanan mulai dari membuat hingga mengantarkan makanan ke konsumen. Menurut Weins, teknologi seperti ini bisa mengurangi biaya distribusi. Meski begitu, ia mengklaim perusahaan tetap bisa mempertahankan margin keuntungan yang tinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement