Inpex Tanggapi Kabar Soal Kesepakatan Investasi di Blok Masela

Image title
28 Mei 2019, 16:46
blok masela, inpex, ignasius jonan
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, paparan revisi POD-1 Blok Masela

Inpex Corporation selaku pengelola Blok Masela menanggapi hasil pertemuan Menteri ESDM Ignasius Jonan dengan CEO Inpex Takayudi Ueda di Tokyo, Jepng, Senin (27/5). Pertemuan tersebut diketahui untuk membahas rencana biaya pengembangan PoD (Plant of Development) blok kaya gas di Laut Arafura tersebut.

Berdasarkan sumber dari Kementerian ESDM, dan hasil pantauan Katadata.co.id pada akun Instagram Ignasius Jonan, diketahui pertemuan tersebut membuahkan hasil kesepakatan antara Pemerintah dengan Inpex. Namun, Inpex enggan berkomentar lebih jauh mengenai informasi itu.

Specialist Media Relation Inpex Corporation, Moch N. Kurniawan mengkonfimasi adanya diskusi yang konstruktif di Tokyo antara Jonan dengan Ueda mengenai PoD proyek LNG Abadi. "Namun kami belum bisa berkomentar lebih jauh," ujar Iwan kepada Katadata.co.id, Selasa (28/5).

Dikonfimasi secara terpisah, Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher menyampaikan jika nilai investasi yang disepakati antara US$ 18-20 miliar masih dalam hitungan estimasi. "Masih estimasi ya," ujar Wisnu kepada Katadata.co.id, Senin (27/5).

(Baca: Bertemu Bos Inpex, Menteri ESDM Ingin Proyek Masela Segera Berjalan)

Sementara itu, sebelumnya Pendiri ReforMiner Institute Pri Agung menilai pertemuan tersebut bisa saja menjadi pertanda positif bagi keberlangsungan proyek yang sedang dalam diskusi. "Persisnya bagaimana, sampai sebelum ada keputusan final yang definitif ya kita belum tahu," ujar Pri Agung kepada Katadata.co.id, Senin (27/5).

Menurut Pri Agung, kesepakatan bisnis yakni mengenai win-win, take and give. Investor membutuhkan kepastian dan jaminan pengembalian investasi yang kompetitif. Pemerintah juga punya objektif tertentu. "Ya secara prinsip kedua hal itu yang mesti dipertemukan," ujanya.

Lebih lanjut ia mengatakan hanya orang yang terlibat di dalamnya yang tahu pokok persoalan tersebut. "Kita yang dari luar hanya bisa memberi input principal guidance," ujarnya.

Pertemuan Menteri ESDM dan CEO Inpex

Seperti diketahui, Jonan kembali bertemu dengan CEO Inpex Corporation Takayuki Ueda di Tokyo, Senin (27/5). Sejumlah poin strategis berhasil disepakati, yang memungkinkan lapangan gas raksasa ini bisa segera dikembangkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...