Kemenhub Temukan Indikasi Pelanggaran TBA di Balikpapan

Image title
4 Juni 2019, 13:03
tarif batas atas, TBA, tarif tiket pesawat, pelanggaran TBA
ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Teknisi pesawat dari Garuda Maintenance Facility (GMF) melakukan perawatan dan perbaikan mesin pesawat City link di Hanggar GMF Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/5/2019). Dengan dilakukannya perawatan rutin seluruh pesawat dan laik terbang, maskapai Garuda Group siap untuk mengantarkan para pemudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU) Wilayah VII Balikpapan menemukan adanya indikasi pelanggaran penerapan Tarif Batas Atas (TBA).

Mengutip keterangan resmi Kemenhub, Selasa (4/6), indikasi pelanggaran penerapan TBA ini terjadi di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan Balikpapan.

Kantor OBU Wilayah VII mencatat ada beberapa maskapai penerbangan yang menerapkan tarif tiket pesawat melebihi TBA, yang sudah diatur dalam Keputusan Menteri No. KM 106 tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Indikasi pelanggaran tersebut ditemukan pada saat dilakukan monitoring pada tanggal 2 Juni 2019, dengan objek monitoring seluruh operator penerbangan yang beroperasi di Balikpapan, yakni Garuda Indonesia, Batik Air, Sriwijaya Air, Citilink, Lion Air, Wings Air dan Transnusa.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) Kemenhub, Polana B. Pramesti menyatakan, pihaknya tengah menunggu hasil laporan pengawasan dari OBU VII.

Hasil laporan tersebut nantinya akan digunakan untuk investigasi lebih lanjut dan bila ditemukan pelanggaran akan segera ditindaklanjuti sesuai PM 78 Tahun 2016.

(Baca: Menhub Teken Aturan Turunkan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat 12-16%)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...