Parlemen AS Minta Facebook Setop Pengembangan Mata Uang Digital Libra

Desy Setyowati
19 Juni 2019, 14:51
Facebook mata uang digital libra
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic
Parlemen AS meminta Facebook menghentikan pengembangan mata uang digitalnya, Libra

Senator Partai Republik sekaligus Ketua Komite Jasa Keuangan Parlemen Amerika Serikat (AS) Maxine Waters meminta Facebook untuk menghentikan pengembangan mata uang digitalnya, Libra. Ia ingin mengkaji keamanan data pengguna Libra terlebih dulu.

Apalagi, Facebook memiliki data miliaran pengguna media sosial. “Mengingat masa lalu perusahaan yang bermasalah, saya meminta agar Facebook menyetujui moratorium pengembangan mata uang digital ini hingga Kongres dan regulator memiliki kesempatan untuk memeriksa masalah ini dan mengambil tindakan," kata dia dalam sebuah pernyataan dikutip dari CNBC Internasional, Rabu (19/6).

Dalam pernyataannya itu, Waters menyampaikan bahwa pasar cryptocurrency saat ini belum memiliki kerangka aturan yang jelas terkait perlindungan bagi investor, konsumen, dan perekonomian. Karena itu, menurutnya regulator harus mengkaji persoalan ini ditinjau dari sisi privasi, keamanan nasional, dan risiko perdagangan.

(Baca: Kenalkan Mata Uang Digital, Facebook Jamin Data Pengguna Aman)

Ia meminta eksekutif Facebook untuk memberikan penjelasan terkait mata uang digital tersebut, sebelum Komite memberi kesaksian mengenai persoalan ini. Hanya, ia tidak menjelaskan detail terkait kapan Facebook harus memberikan penjelasan.

Senator Partai Republik lainnya, Patrick McHenry meminta Maxine Waters untuk mengadakan rapat dengar pendapat mengenai Libra. Hal ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari peredaran Libra, sebelum dirilis pada 2020 nanti.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...