Bukalapak Bakal Rilis Fitur Bayar dan Lapor Pajak Kuartal III 2019

Desy Setyowati
27 Juni 2019, 13:37
Fitur pajak bukalapak, bayar pajak di Bukalapak
Katadata/Desy Setyowati
Ilustrasi, Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky dalam konferensi pers ulang tahun ke-9 Bukalapak di Jakarta, Kamis (10/1). Bukalapak berencana merilis fitur lapor dan bayar pajak Kuartal III 2019.

Perusahaan e-commerce  Bukalapak berencana merilis  fitur pembayaran dan pelaporan pajak penghasilan (PPh) secara nasional. Rencananya, fitur tersebut dirilis pada kuartal III tahun ini.

Associate Vice President of Public Policy and Government Relations Bukalapak, Bima Laga mengatakan, fitur itu bakal terbuka untuk semua pengguna, bukan hanya pelapak di platformnya. "Semoga kuartal III bisa. Masih progres," kata dia di Jakarta, Kamis (27/6).

Bima menyampaikan, perusahaannya mengajukan usulan untuk menyediakan fitur tersebut kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu). "Kami kirim surat," kata dia. Tepatnya, Bukalapak bekerja sama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Kemenkeu.

(Baca: Warga Jawa Barat Kini Bisa Membayar Pajak Kendaraan Lewat E-Commerce)

Setelah fitur tersebut dirilis, Bukalapak berencana menggelar program edukasi kepada masyarakat. Bukalapak bakal menggandeng pemerintah dalam program penyuluhan tersebut.

Sebelumnya, Kemenkeu juga sudah merilis Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 210 Tahun 2018 tentang Perlakuan Perpajakan Atas Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang memuat cara pemungutan pajak e-commerce. Namun, aturan tersebut dicabut oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kendati begitu, Kemenkeu tetap berdiskusi dengan Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) guna membahas tata cara pemungutan pajak. Meski diskusi itu masih berlangsung, Bukalapak berani mengumumkan diri untuk menyediakan fitur pelaporan dan pembayaran PPh.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...