Pemerintah Bidik Peremajaan Kebun Karet hingga 700 Ribu Hektare

Image title
Oleh Ekarina
2 Juli 2019, 09:38
Telaah - Karet
Chaovarut Sthoop/123rf

Pemerintah berkomitmen mendongkrak harga karet di tingkat petani, salah satunya melalui peremajaan perkebunan. Adapun luas perkebunan karet rakyat yang berpotensi diremajakan saat ini mencapai 700 ribu hektar.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyatakan peremajaan karet rakyat perlu segera dilakukan. Sebab, sebagian tanaman sudah tidak produktif dengan usia lebih dari 25 tahun, produktivitas rendah, dan dalam kondisi tanaman yang rusak.

Menurut catatannya, luas perkebunan karet di Indonesia pada 2017 mencapai 3,66 juta hektar dengan kemampuan produksi sebesar 3,68 juta ton dan produktivitas 1,19 ton/hektar.

(Baca: Ini Strategi Pemerintah Mendongkrak Harga Karet)

Perkebunan karet Indonesia saat ini 85% di antaranya didominasi oleh perkebunan rakyat. Karet merupakan salah satu andalan ekspor yang berkontribusi besar terhadap devisa negara. Volume ekspor mencapai 2,99 juta ton dengan nilai US$ 5,10 milar.

“Peremajaan tersebut merupakan salah satu strategi jangka panjang untuk menjaga produktivitas dan stabilitas harga karet. Ini juga merupakan tindak lanjut kesepakatan tiga negara International Tripartite Rubber Council/ITRC ,” ujar Darmin dalam keterangan resmi, Selasa (2/7).

Ke depan, model peremajaan karet menurutnya akan diarahkan melalui pola integrasi dengan tanaman lain, seperti kopi, kakao, cabai dan sebagainya yang disesuaikan dengan keunggulan lokal masing-masing wilayah. Dengan demikian dalam satu hektar lahan, 60% di antaranya akan diisi oleh tanaman karet dan 40% tanaman lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...