Instagram, Facebook, dan WhatsApp Bermasalah Lagi di Seluruh Dunia

Cindy Mutia Annur
4 Juli 2019, 09:12
Kantor Facebook
123RF.com

Layanan aplikasi media sosial (medsos) Instagram, Facebook, dan WhatsApp kembali mengalami gangguan. Hal itu terjadi secara global di berbagai belahan dunia, seperti di benua Amerika, Eropa, hingga Asia.

Seluruh aplikasi medsos besutan Facebook tersebut mengalami gangguan sejak Rabu (3/7) pukul 19.04 WIB dan sebagian masih berlangsung hingga saat ini.

Advertisement

Dalam keterangannya, Facebook mengatakan, beberapa penggunanya secara global mengalami kendala saat mengirim file media melalui platform media sosialnya termasuk WhatsApp dan Instagram. Pihak Facebook mengatakan pihaknya hingga saat ini masih berupaya memperbaiki dan menelusuri penyebab serta dampak gangguan tersebut.

"Selama salah satu operasi pemeliharaan rutin kami, kami duga ada masalah yang menyulitkan beberapa orang untuk mengunggah atau mengirim foto dan video," kata Facebook seperti dikutip dari Reuters, Rabu (3/7) malam.

(Baca: Gangguan Atas Facebook, Instagram, dan Whatsapp Terjadi di Tiga Benua)

Tercatat ada lebih dari 14 ribu pengguna melaporkan gangguan dengan layanan apliaksi Instagram, sementara lebih dari 7.600 dan 1.600 pengguna mengeluhkan tentang Facebook dan WhatsApp, menurut situs pelacakan Downdetector. com. Peta pemadaman secara langsung dari situs tersebut menunjukkan gangguan utama terjadi di beberapa negara bagian Eropa dan Amerika Serikat.

Downdetector mencatat, Facebook mengalami gangguan sejak pukul 08.04 AM ET atau 19.04 WIB dengan mayoritas laporan yang dikeluhkan pengguna berupa tidak bisa mengunggah serta mengunduh gambar (86%), memperbarui halaman utama (8%), dan melakukan log-in akun (4%).

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement