Kominfo Libatkan Traveloka dan Tokopedia untuk Layanan Umrah

Cindy Mutia Annur
5 Juli 2019, 16:36
Menteri Kominfo Indonesia Rudiantara dan Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi Abdullah Alswaha menandatangani MoU kerja sama antara kedua negara. Kominfo menggaet dua unicorn nasional, yakni Traveloka dan Tokopedia untuk terlibat dalam ko
Kominfo
Menteri Kominfo Indonesia Rudiantara dan Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi Abdullah Alswaha menandatangani MoU kerja sama antara kedua negara. Kominfo menggaet dua unicorn nasional, yakni Traveloka dan Tokopedia untuk terlibat dalam kolaborasi ini.

Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi memperkuat kerja sama di bidang ekonomi digital melalui inisiasi pengembangan Umrah Digital Enterprise. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang mewakili pemerintah menggaet dua unicorn nasional, yakni Traveloka dan Tokopedia untuk terlibat dalam kolaborasi ini.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengatakan, inisiasi tersebut untuk mengatasi persoalan utama terkait umrah. “Kami bangga dapat menghadirkan Tokopedia dan Traveloka (dalam kerja sama ini),” kata Rudiantara dalam siaran pers, kemarin (4/7).

Rudiantara tidak secara spesifik menyebutkan persoalan yang ingin diatasi melalui Umrah Digital Enterprise. Dia hanya menyampaikan, pemerintah optimistis kerja sama ini bakal mendukung visi 2030 Arab Saudi dan Indonesia terkait ekonomi digital.

(Baca: Perkuat Ekonomi Digital, Kominfo Jalin Kolaborasi dengan Arab Saudi)

Saat ini, kementerian dari kedua negara berdiskusi terkait teknis atas kolaborasi tersebut. Salah satu yang dibicarakan adalah pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), serta ekosistem pendukungnya melalui pertukaran ahli dan mengadakan pelatihan.

Rudiantara mengatakan, umrah merupakan pasar yang potensial bagi Indonesia maupun Arab Saudi. Karena itu, ia optimistis kerja sama ini dapat mendorong investasi Arab Saudi pada sektor digital, khususnya untuk pengembangan unicorn baru di Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...