Survei Alvara: Gojek Unggul di Tiga Layanan Digital di Indonesia

Desy Setyowati
9 Juli 2019, 16:28
Gojek memimpin di tiga layanan digital di Indonesia
Gojek
Ilustrasi, CEO Gojek Nadiem Makarim. Survei Alvara, Gojek memimpin di tiga layanan digital di Indonesia.

Survei Alvara Research Center menunjukkan, Gojek memimpin di tiga layanan digital di Indonesia, yakni berbagi tumpangan (ride-hailing), pesan-antar makanan (food delivery), dan pembayaran.

Dari sisi berbagi tumpangan, 70,4% dari total 1.161 responden menggunakan Gojek. Alasannya, karena mudah digunakan, lebih cepat, dan biayanya murah. Mayoritas responden juga merekomendasikan Gojek ketimbang pesaingnya, Grab.

Advertisement

Sebanyak 45,7% responden menggunakan Grab. “Ada responden yang menggunakan kedua aplikasi itu untuk layanan berbagi tumpangan,” kata CEO sekaligus pendiri Alvara Research Hasanuddin Ali saat konferensi pers bertajuk ‘Perilaku dan Preferensi Konsumen Milenial terhadap Aplikasi e-Commerce di Indonesia’ di Jakarta, Selasa (9/7).

(Baca: Gojek Investasi Rp 70 M di Startup Restoran Delivery Rebel Foods India)

Gojek juga unggul di layanan pesan-antar makanan, melalui Go-Food. Sebanyak 71,7% responden menggunakan Go-Food. Alasannya, lebih cepat, fiturnya mudah digunakan, dan banyak pilihan menu.

Sebanyak 39,9% lainnya menggunakan GrabFood untuk memesan makanan dan minuman. Alasan responden menggunakan layanan ini karena ada banyak promo, cepat, dan murah.

Selain itu, Gojek unggul di layanan pembayaran melalui Go-Pay. Sebanyak 67,9% dari total 340 responden menggunakan Go-Pay. Faktor pendorongnya adalah karena Go-Pay termasuk dalam ekosistem Gojek, ada banyak promo, dan aman.

(Baca: Gojek Kantongi Pendanaan Seri F dari Mitsubishi)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement