Pangsa Pasar Ponsel Huawei di Eropa Turun 2% pada Kuartal II-2019

Desy Setyowati
19 Juli 2019, 15:50
Huawei, Apple di Eropa, Samsung dan Xiaomi
123RF.com
Kantar mencatat, pangsa pasar ponsel Huawei di Eropa turun 2% pada Kuartal II 2019.

Lembaga riset asal Inggris, Kantar, mencatat pangsa pasar ponsel pintar (smartphone) Huawei di lima negara Eropa turun 2% secara tahunan (year on year/yoy) per Kuartal II-2019. Negara yang dimaksud adalah Prancis, Jerman, Inggris, Italia, dan Spanyol.

Penurunan terbesar terjadi setelah Huawei masuk dalam daftar hitam (blacklist) terkait perdagangan di Amerika Serikat (AS). “Kantar juga mencatat pangsa pasar Apple di Eropa dan AS juga turun 2,4% pada Kuartal II 2019,” demikian dikutip dari Tech Spot, kemarin (18/7).

Huawei juga sempat memperkirakan, penjualan ponselnya turun 40 juta unit setelah masuk daftar hitam perdagangan AS. “Dari penurunan nyaris 2% di lima negara Eropa, yang terdalam terjadi pada Juni ke Mei 2019 sebesar 9%,” kata Direktur Kantar Consumer Insights Dominic Sunnebo dikutip dari Android Authority.

(Baca: Setelah Kalahkan Apple, Huawei Berpeluang Menyalip Samsung)

Ia mencatat, Samsung dan Xiaomi merupakan produsen smartphone yang paling diuntungkan atas sanksi kepada Huawei tersebut. Hanya, lembaga tersebut tidak menyebutkan besaran pangsa pasar kedua produsen smartphone itu di Eropa.

Meski begitu, menurut kajian Kantar, beberapa pemilik Huawei memilih untuk menunggu dan melihat situasi ketimbang mengganti ponselnya. Hal itu bisa dilihat dari peningkatan penjualan Samsung, Apple, dan Xiaomi yang tidak terlalu di AS.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...