Luncurkan Lima Fitur Baru, Grab Perkuat Layanan Logistik

Desy Setyowati
26 Juli 2019, 06:00
Grab logistik
Grab
Grab meluncurkan lima fitur baru untuk memperkuat layanan logistiknya, GrabExpress.

Decacorn asal Singapura, Grab, meluncurkan lima fitur baru untuk memperkuat layanan logistik GrabExpress. Fasilitas anyar ini diklaim mempermudah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengirim barang ke konsumen dengan lima fitur utama.

Pertama, Grab bekerja sama dengan Ninja Xpress menyediakan pengiriman antarkota di Pulau Jawa. Untuk sementara, fitur itu tersedia di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Kedua, langganan paket hemat di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan Lampung.

Advertisement

Ketiga, pengiriman instan kurang dari tiga jam dan di hari yang sama (same-day). Barang yang dikirim melalui layanan ini maksimal 150 kilogram untuk GrabCar dan 15 kilogram melalui GrabBike. “Kami berharap GrabExpress dapat meningkatkan pertumbuhan (bisnis) wirausahawan mikro, mitra pengemudi dan pelanggan,” kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam siaran pers, Kamis (25/7).

(Baca: Layanan Go-Jek dan Grab Mengubah Pola Logistik Era Digital)

Keempat, bukti pengiriman dan pelacakan langsung. Terakhir, mengirim barang ke banyak tujuan sekaligus (multi-destination). Fasilitas ini baru tersedia Jakarta, Bandung, Makassar, Medan dan Surabaya. Lewat fitur ini, pengguna bisa memesan layanan logistik hingga 10 mitra pengemudi dalam waktu bersamaan.

Kementerian Koperasi dan UKM mencatat, ada lebih dari 62 juta UMKM di Indonesia pada 2017. Angka ini naik 2,06% dibanding tahun sebelumnya. Data Deloitte‎ Access Economics menunjukkan, 37% UMKM di Indonesia hanya memiliki kemampuan online yang sangat mendasar seperti komputer, ponsel pintar (smartphone) atau akses internet.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement