Sri Mulyani Akan Gandeng Youtuber Tangkal Hoaks Soal Keuangan Negara

Agatha Olivia Victoria
29 Juli 2019, 13:13
sri mulyani gandeng youtuber, selebgram, hoaks
Arief Kamaludin | Katadata
Sri Mulyani akan gandeng Youtuber dan Selebgram untuk tangkal hoaks soal keuangan negara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, keterbukaan informasi keuangan negara yang akurat wajib didapatkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Apalagi, transparansi keuangan menjadi amanat dalam Undang-Undang (UU) Keuangan Negara dan UU Keterbukaan Informasi Publik.

Edukasi keuangan negara, menurut dia, akan lebih menarik jika diberikan oleh orang-orang berpengaruh di zaman sekarang. Cara ini juga diharapkan dapat menghindarkan masyarakat dari kabar bohong atau hoaks.

Karena itu, pihaknya berencana menggandeng beberapa tokoh berpengaruh di media sosial atau influencer. "Kami akan gunakan Youtuber atau Selebgram agar masyarakat punya appetite informasi tentang keuangan negara," kata dia dalam acara Seminar Keterbukaan informasi Publik, di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (29/7).

Ia pun turut mengharapkan kementerian dan lembaga negara lain juga dapat menyebarkan informasi dengan menggandeng influencer. Tujuannya, agar informasi-informasi yang tidak baik dapat berkurang peredarannya di masyarakat.  "Di era sekarang persoalan paling rumit terlalu banyak informasi dan kebanyakan garbage informasi. Jadi bagaimana agar masyarakat dapat membedakan hoaks dan kredibel," ucap dia.

(Baca: Sri Mulyani Sebut Hoaks soal Gaji Jokowi Rp 553 Juta)

Survei: 86% Pengguna Internet Pernah Tertipu Hoaks

Survei Centre for International Governance Innovation (CIGI) tahun 2019 menyebut bahwa 86% pengguna internet di seluruh dunia pernah tertipu oleh hoaks. Sebanyak 77% dari korban mengatakan, sumber berita palsu yang paling sering mereka kutip berasal dari Facebook.

Berdasarkan laporan tersebut, mayoritas pengguna internet yang tertipu hoaks setidaknya sekali. Selain itu, 44% mengatakan mereka kadang-kadang atau sering tertipu. Menurut laporan CIGI, 77% pengguna Facebook mengatakan mereka secara pribadi melihat berita palsu di sana.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...