Dikritik Kepala BKPM, Gojek dan 3 Unicorn: Semua Investasi Masuk ke RI

Desy Setyowati
30 Juli 2019, 21:50
CEO Go-Jek Nadiem Makarim, CEO Traveloka Ferry Unardi, CEO Tokopedia William Tanuwijaya, dan CEO Bukalapak Achmad Zaky, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Menteri Kominfo Rudiantara. Gojek dan tiga unicorn menegaskan bahwa perusahaan mereka berada di Indones
Kominfo
CEO Go-Jek Nadiem Makarim, CEO Traveloka Ferry Unardi, CEO Tokopedia William Tanuwijaya, dan CEO Bukalapak Achmad Zaky, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Menteri Kominfo Rudiantara. Gojek dan tiga unicorn menegaskan bahwa perusahaan mereka berada di Indonesia.

Gojek dan tiga unicorn, yakni Traveloka, Tokopedia, serta Bukalapak menegaskan bahwa investasi yang mereka terima masuk langsung ke Indonesia. Hal ini menanggapi pernyataan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong yang menyebutkan bahwa induk usaha keempat startup itu berada di Singapura dan investasinya masuk lewat negara jiran tersebut.

Chief of Corporate Affairs Gojek Nila Marita menjelaskan, perusahaannya terdaftar di Indonesia dengan nama PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. “Seluruh penanaman modal dan investasi ditanamkan dan dibukukan penuh di perusahaan Indonesia tersebut,” kata dia dalam pernyataan resminya, Selasa (30/7).

Nila juga menegaskan bahwa Gojek selalu melaporkan penanaman modal yang diperoleh, sesuai amanat BKPM. “Kami tidak memiliki perusahaan Singapura sebagai induk perusahaan,” kata dia.

Karena itu, ia menyampaikan bahwa Gojek adalah perusahaan rintisan Indonesia. Kantor pusatnya berada di Tanah Air dan 90% pegawainya merupakan pekerja lokal.

Saat ini, Gojek sudah menggaet lebih dari 2 juta mitra pengemudi. Decacorn ini juga memiliki 400 ribu mitra GoFood dan puluhan ribu penyedia layanan GoLife di Indonesia. “Investasi kami senantiasa disalurkan untuk pengembangan usaha dan ekosistem di Indonesia,” katanya.

(Baca: BKPM: Investasi ke Unicorn Indonesia Masuk Lewat Singapura)

Vice President of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak juga mengatakan, sejak awal perusahaannya didirikan sebagai Perseroan Terbatas (PT) Indonesia. Bahkan, perusahaannya terdaftar sebagai Penanaman Modal Asing (PMA) di Tanah Air.

Tokopedia pun sudah memperoleh seluruh perizinan dari BKPM. “Kami tidak mempunyai induk perusahaan di negara lain. PT Tokopedia sejak awal selalu beroperasi di Indonesia,” kata dia kepada Katadata.co.id.

Ia menegaskan, perusahaannya berkomitmen untuk terus menjadi perusahaan Tanah Air. “Kami hanya memiliki anak perusahaan kecil di Singapura untuk mendukung sebagian upaya riset dan pengembangan induk perusahaan Tokopedia yang ada di Indonesia," katanya.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...