Tokopedia Dikabarkan Investasi di Dua Perusahaan Logistik

Desy Setyowati
30 Juli 2019, 10:47
Tokopedia investasi perusahaan logistik
ilustrasi/Tokopedia
Ilustrasi. Tokopedia dikabarkan berinvestasi di dua perusahaan logistik.

Startup di bidang e-commerce  Tokopedia disebut-sebut berinvestasi di dua perusahaan logistik. Namun, salah satu unicorn nasional ini tidak merinci nilai maupun perusahaan logistik yang diberi pendanaan.

Vice President of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengatakan, perusahaannya memang tengah fokus meningkatkan layanan pengiriman barang, terutama bagi para mitra penjualnya. “Tetapi bukan menjadi penyedia logistik langsung, namun dengan bermitra,” katanya kepada Katadata.co.id, kemarin (29/7).

Saat ini, startup bervaluasi lebih dari US$ 1 miliar tersebut sudah menggandeng 11 penyedia logistik di Tanah Air. “Kemitraan itu termasuk dalam bentuk investasi minoritas sehingga dapat bertumbuh bersama jaringan mitra Tokopedia secara strategis,” kata dia.

(Baca: Bos Softbank Bertemu Jokowi, CEO Tokopedia Berharap Ada Investasi Baru)

Tokopedia pun sudah mengembangkan fitur TokoCabang. Lewat fasilitas itu, penjual di Tokopedia bisa memanfaatkan jaringan gudang pintar untuk mengirim barang di hari yang sama ke kota lain. Disebut gudang pintar, karena e-commerce ini mengadopsi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Reuters sempat memberitakan, Tokopedia menyuntikan dana di dua perusahaan logistik. Pendiri sekaligus CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, perusahaannya dalam pembicaraan akhir untuk berinvestasi di startup agritech.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...