LSM Ragu Lidah Mertua Efektif Kurangi Polusi Udara di Jakarta

Image title
1 Agustus 2019, 17:35
Anies, polusi udara di Jakarta, Jokowi
ANTARA FOTO/Yusran Uccang.
Petugas memasang alat pengukur polusi udara di Terminal Malengkeri Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (16/7). Tim Advokasi Gerakan Koalisi Ibu Kota ragu penanaman lidah mertua efektif mengurangi polusi udara di Jakarta.

Tim Advokasi Gerakan Koalisi Ibu Kota menilai, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan perlu kebijakan yang efektif untuk mengurangi polusi udara. Sebab, mereka ragu penanaman lidah mertua ampuh untuk mengatasi persoalan lingkungan itu.

Anggota Tim Advokasi Gerakan Koalisi Ibu Kota Ayu Ezra Tiara mengatakan, kebijakan untuk meminimalkan polusi udara semestinya mengacu pada riset. “Apalagi memakai dana pajak warga negara, jadi harus hati-hati ,” katanya di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

Tim Advokasi Gerakan Koalisi Ibu Kota pun sudah melakukan kajian. Ada tiga faktor yang menyebabkan polusi udara di Jakarta, yakni industri, limbah rumah tangga, dan transportasi.

(Baca: Kualitas Udara Jakarta Buruk, Ini Efek Polusi Terhadap Kesehatan )

Perempuan yang juga menjadi anggota Lembaga Bantuan Hukum (LBH) itu meminta agar Anies Baswedan serius menangani persoalan polusi udara di Jakarta dan mengacu pada riset. “Ini polusi sumbernya dari mana? Maka, apa yang harus dilakukan?" katanya.

Tim Advokasi Gerakan Koalisi Ibu Kota pun menggugat Anies Baswedan karena buruknya polusi udara Jakarta. Selain itu, gugatan dilayangkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Anggota Tim Advokasi Gerakan Koalisi Ibu Kota lainnya Nelson Nikodemus Simamora menambahkan, perlu ada inventarisasi zat emisi atau penambahan stasiun pantau guna memetakan penyebab polusi udara di Jakarta. Dengan begitu, bisa diketahui solusi yang efektif untuk mengatasinya.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...