Mati Listrik Massal, DPR Ragukan Kesiapan PLN Hadapi Era Mobil Listrik

Image title
6 Agustus 2019, 16:43
Akibat listrik mati, penumpang PT MRT Jakarta pada Minggu, (04/08/2019 harus dievakuasi baik yang berada di stasiun maupun yang berada didalam kereta.
Twitter @mrtjakarta
Akibat listrik mati, penumpang PT MRT Jakarta pada Minggu, (04/08/2019 harus dievakuasi baik yang berada di stasiun maupun yang berada didalam kereta.

Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Fraksi Partai Nasdem, Kurtubi, menyesalkan mati listrik massal yang terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah pada 4-5 Agustus 2019.

Dengan adanya kejadian tersebut, dia pun mempertanyakan kesiapan infrastruktur kelistrikan untuk menghadapi era mobil listrik. "Listrik ini sangat penting. Bagimana kalau LRT sudah ada, kendaraan listrik, bagaimana mau handle sebanyak itu," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (6/8).

Pemadaman listrik yang terjadi telah melumpuhkan beberapa moda transportasi listrik seperti Kereta Rel Listrik (KRL), Moda Raya Terpadu (Mass Rapid Transit/ MRT). Bila ini terjadi lagi dimasa yang akan datang, maka kereta ringan (Light Rail Transit / LRT), bahkan mobil listrik yang sedang disiapkan regulasinya juga aka terdampak.

Ia mengatakan bahwa Perusahaan Listrik Negara (PLN) harus bertanggung jawab dalam kejadian ini, yakni dengan memberikan kompensasi bagi masyarakat yang terkena dampak.

(Baca: PLN Pastikan Wilayah Jakarta Tidak Ada Lagi Pemadaman Listrik)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...