SKK Migas Terus Investigasi Tumpahan Minyak Pertamina

Image title
12 Agustus 2019, 17:16
skk migas, pertamina, blok onwj
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Warga mengumpulkan tumpahan minyak (Oil Spill) yang tercecer di Pesisir Pantai Cemarajaya, Karawang, Jawa Barat, Senin (22/7/2019). SKK Migas terus melakukan investigasi penyebab tumpahan minyak dari Blok ONWJ yang dioperatori oleh Pertamina.

Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Fatar Yani Abdurahman menyatakan pihaknya masih melakukan investigasi penyebab terjadinya kebocoran gas dan tumpahan minyak di sumur YYA-1 Blok Offshore North West Java (ONWJ) yang dioperatori oleh Pertamina Hulu Energi (PHE). Investigasi akan berlangsung selama tiga hingga enam bulan ke depan.

Dugaan awal penyebab kebocoran migas Blok ONWJ karena adanya kesalahan dalam proses pengeboran untuk memasukkan pipa selubung (casing) ke dalam sumur YYA-1. "Tapi itu kan masih dugaan-dugaan saja, kami masih kumpulkan data," ujar Fatar saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Senin (12/8).

Fatar menyebut kejadian tersebut menjadi pelajaran bagi kontraktor migas lainnya agar tidak melakukan kesalahan yang sama. "Pengalaman ini kami sebarkan ke kontraktor lain, agar memastikan prosedur, memperkecil human error," katanya.

(Baca: Menteri LHK: Tumpahan Minyak Blok ONWJ Sudah Masuk Perairan Serang)

Di sisi lain, Pertamina Hulu Energi (PHE ONWJ) melakukan pengeboran relief well untuk menutup permanen sumur YYA-1 yang menjadi sumber kebocoran migas Blok ONWJ. Hingga saat ini, pengeboran telah mencapai kedalaman 1.464 meter dari target 2.765 meter.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...