Bandara Dibuka, Penerbangan Garuda Indonesia ke Hong Kong Kembali Normal

Penulis: Ekarina

13/8/2019, 17.54 WIB

Garuda Indonesia mengimbau penumpang agar secara berkala mengecek jadwal penerbangan dan perkembangan situasi di Bandara Internasional Hong Kong.

Garuda Indonesia kembali melayani peenrbangan ke Hong Kong.
ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Garuda Indonesia kembali melayani penerbangan ke Hong Kong pasca bandara internasional hongkong lumpuh total akibat dipadati pengunjuk rasa.

Bandara Internasional Hong Kong akhirnya kembali dibuka hari ini,  setelah sempat lumpuh total akibat dipenuhi oleh massa pengunjuk rasa. Maskapai Garuda Indonesia mengumumkan penerbangan dari dan menuju Hong Kong kembali beroperasi normal, seiring situasi sekitar bandara yang mulai kondusif. 

Namun, pihak Garuda terus  berkoordinasi secara intensif bersama otoritas bandara untuk memastikan kelancaran layanan operasional dari dan menuju Hong Kong.

“Menyusul telah dibukanya Bandara Internasional Hong Kong, pada hari ini penerbangan Garuda Indonesia dari dan menuju Hong Kong tetap beroperasi  normal," kata Vice President Corporate Secretary perseroan M Ikhsan Rosan di Jakarta, Selasa (13/8).

(Baca: Demo dan Penutupan Bandara Hong Kong, KJRI Imbau WNI Perbarui Informasi)

Meski demikian, Garuda Indonesia mengimbau penumpang agar secara berkala mengecek  jadwal penerbangan dan perkembangan situasi di Bandara Internasional Hong Kong. 

Informasi tersebut bisa diakses penumpang melalui laman resmi Hong Kong International Airport maupun informasi resmi yang disampaikan Garuda Indonesia. Penumpang juga bisa menghubungi layanan informasi contact center 24 jam Garuda Indonesia.

"Saat ini kami terus berkoordinasi secara intensif bersama pihak otoritas bandara setempat dalam memastikan kesiapan dan kelancaran operasional penerbangan di Bandara Internasional Hong Kong, khususnya dalam memastikan halyang terkait dengan aspek kenyamanan dan keselamatan penumpang tetap terjaga,” ujarnya.

Maskapai pelat merah ini juga mengimbau penumpang untuk datang lebih awal di bandara serta mengoptimalkan fitur online check-in untuk mengantisipasi situasi yang terjadi di bandara.

(Baca: Demonstrasi Meluas ke Objek Vital, Bandara Hong Kong Lumpuh Total)

Saat ini Garuda Indonesia melayani penerbangan dari dan menuju Hong Kong sebanyak 21 kali penerbangan setiap minggunya yang terdiri dari rute penerbangan Hong Kong - Denpasar pp yang dilayani sebanyak tujuh kali per minggu serta rute penerbangan Hong Kong - Jakarta pp yang dilayani sebanyak 14 kali per minggu.

Bandara Internasional Hong Kong kembali dibuka hari ini. Namun demikian, ada ratusan penerbangan yang mengalami pembatalan, dikutip dari Reuters. Sejumlah maskapai seperti Vietnam Airlines HVN.HM, Jetstar Pacific dan Malaysian Airlines bahkan mengimbau para wisatawan untuk menjadwal ulang penerbangan.

Adapun maskapai negara itu, Cathay Pacific melalui situsnya mengumumkan bahwa mereka telah membatalkan lebih dari 200 penerbangan masuk dan keluar bandara hari ini dan hanya akan mengoperasikan sejumlah penerbangan terbatas untuk penerbangan transit.

Akibat memanasnya situasi di Hong Kong, saham maskapai ini pun langsung jatuh ke level terendah 10 tahun pada Senin, dan melanjutkan penurunan pada perdagangan pagi tadi sebesar 4,5%.

Bandara Internasional Hong Kong merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia. Setiap harinya, bandara ini rata-rata menangani 1.100 penerbangan yang mencakup sekitar 200 tujuan.

 

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN