Bukalapak Target 2 Juta Warung Adopsi Standardisasi Kode QR Tahun Ini

Cindy Mutia Annur
21 Agustus 2019, 20:39
Yogi (33) salah satu mitra warung Bukalapak yang tengah menjaga warung kelontongnya di wilayah Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (21/8).
Katadata/Cindy Mutia Annur
Yogi (33) salah satu mitra warung Bukalapak yang tengah menjaga warung kelontongnya di wilayah Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (21/8).

Bukalapak menargetkan dua juta mitra baik warung maupun kios lainnya mengadopsi kode QR (QR Code) hingga akhir tahun ini. Sebab, perusahaan e-commerce ini mencatat penjualan mitranya naik 10% dalam sebulan penerapan.

Kode QR yang diadopsi tentunya sesuai dengan  standardisasi atau QRIS yang dirilis Bank Indonesia (BI). Dengan begitu, pengguna dompet digital apapun baik GoPay, OVO, LinkAja dan lainnya bisa memindai kode QR yang ada di warung.

Head of Corporate Communications Bukalapak Intan Wibisono mengatakan, 1.000 mitra di Kemang, Jakarta, sudah melakukan uji coba (pilot project) QRIS selama dua bulan terakhir. Setelahnya, Bukalapak mengkaji tantangan yang dihadapi pemilik warung dalam menerapkan sistem pembayaran ini.

"Kalau sudah ketemu formulasi yang cocok, kami akan roll out ke dua juta mitra warung yang lain," kata Intan kepada Katadata.co.id, Rabu (21/8). Saat ini, pilot project masih berlangsung.

(Baca: BI Luncurkan Standar QR Code Agar Sistem Pembayaran Lebih Efisien)

Secara umum, ia mengatakan bahwa perusahaannya berfokus pada peningkatan penjualan para mitra. Salah satu caranya dengan mengadopsi kode QR. “Yogi, salah satu mitra warung Bukalapak menyebut penjualannya naik dan dia bisa berbelanja lebih mudah. Hal seperti itu yang ingin kami tangkap selama pilot project ini," katanya.

Mitra offline Bukalapak yang mengadopsi kode QR ini bukan hanya pemilik warung. Pedagang keliling seperti cilor, bakso, ketoprak hingga tambal ban menerapkan sistem pembayaran ini.

Salah satu mitra Bukalapak, Yogi (31 tahun) mengaku pendapatannya naik 10% dalam sebulan, setelah mengadopsi metode pembayaran dengan kode QR. "Begitu pembeli tahu bisa bayar pakai OVO, GoPay, DANA, mereka merasa lebih mudah untuk berbelanja di warung saya," katanya kepada Katadata.co.id.

Selain itu, ia bisa menjual produk digital seperti pulsa. Dia juga dapat membeli kebutuhan warung langsung dari Bukalapak. Yogi sudah menjadi mitra Bukalapak sejak setahun lalu.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...