Rilis Notulensi Rapat The Fed Angkat Rupiah Menguat ke Rp 14.230

Agatha Olivia Victoria
22 Agustus 2019, 09:27
nilai tukar rupiah
Arief Kamaludin (Katadata)
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pagi ini menguat tipis ke level Rp 14.230 per dolar. Sepanjang hari ini rupiah diprediksi akan menguat hingga penutupan.

Nilai tukar rupiah dibuka menguat terhadap dolar AS pada pagi hari ini, Kamis (22/8). Mengutip Bloomberg, rupiah dibuka pada level Rp 14.230 per dolar AS atau menguat 0,09% dibanding penutupan sore sebelumnya Rabu (21/8) di level Rp 14.243 per dolar AS.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede menilai penguata rupiah pada pembukaan pagi ini dikarenakan rilis notulensi rapat Federal Open Market Committee (FOMC) The US Federal Reserve (The Fed).

"Rilis notulensi rapat FOMC mengindikasikan bahwa bank sentral AS (The Fed) tidak memberi sinyal bahwa akan ada pemangkasan suku bunga acuan kembali dalam jangka pendek ini," ujarnya saat dihubungi Katadata.co.id, Kamis (22/8).

Ia melanjutkan, hal tersebut karena mayoritas anggota rapat tersebut menunjukkan keyakinan bahwa perekonomian AS masih solid. Adapun The Fed memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuannya sebesar 0,25% pada bulan lalu dinilai ia bertujuan untuk mengantisipasi gejolak yang ada.

(Baca: Rupiah Menguat ke 14.243 per Dolar AS di Tengah Ancaman Resesi Global)

Gejolak ini dipicu dari perang dagang dengan Tiongkok serta mempertimbangkan tingkat inflasi yang masih di bawah yang ditargetkan The Fed dalam jangka panjang yakni 2%. "Maka dari itu, pelaku pasar masih menunggu pernyataan dari Gubernur Fed dalam Jackson Hole symposium terkait dengan arah suku bunga AS kedepannya," ujar Josua.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...