Kementerian ESDM Umumkan Pemenang Lelang Blok Migas Awal Pekan Depan

Penulis: Verda Nano Setiawan

Editor: Ratna Iskana

23/8/2019, 14.25 WIB

Kementerian ESDM menawarkan empat WK migas dalam lelang tahap II 2019 yang terdiri dari WK West Ganal, WK West Kampar, WK Kutai, dan WK Bone.

Kementerian ESDM, Arcandra Tahar
Arief Kamaludin | Katadata
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar. Arcandra menyatakan akan segera mengumumkan pemenang lelang WK migas.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyelesaikan evaluasi lelang wilayah kerja (WK) migas tahap II 2019. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan pengumuman pemenang lelang akan dilakukan pada awal pekan depan.

Namun sayang ia tidak merinci berapa jumlah perusahaan yang sudah berhasil menjadi pemenang lelang WK migas tahap II 2019. Sejauh ini sudah ada 13 perusahaan migas yang mengakses dokumen lelang.

"Tahap II hari senin akan diumumkan," ujar Arcandra saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Kamis (22/8) Malam.

Dalam lelang tahap II 2019, pemerintah melelang empat WK migas yang terdiri dari WK West Ganal, WK West Kampar, WK Kutai, dan WK Bone.  Dari keempat WK migas tersebut, WK West Ganal paling banyak diminat perusahaan migas. Sedangkan WK West Kampar tidak diminati sama sekali oleh perusahaan migas.

WK West Ganal berlokasi di lepas pantai Kalimantan Timur. Pemerintah menetapkan bonus tanda tangan minimal US$ 29 Juta minimal dan komitmen pasti yang terdiri dari studi geologi dan geofisik (G&G), pengeboran empat sumur eksplorasi, seismik 3D 600 KM2, dan seismik 2D 600 KM.

(Baca: Hampir Setahun Dilelang, WK Migas West Kampar Tak Diminati Investor)

WK West Kampar berlokasi di Riau dan Sumatera Utara. Blok migas ini terakhir berproduksi pada 27 Maret 2017 sebesar 112 barel minyak per hari (BOPD). Pemerintah menetapkan bonus tanda tangan minimal US$ 5 juta dan komitmen pasti minimal US$ 64,43 juta untuk studi G&G, seismik 2D 500 kilometer persegi (km2), seismik 3D 200 km2, dan pengeboran enam sumur eksplorasi.

WK Kutai berlokasi di daratan dan lepas pantai Kalimantan Timur. Bonus tanda tangan untuk WK migas ini minimal US$ 2,5 juta dan komitmen pasti terdiri dari studi G&G dan seismik 3D 1.000 km2.

WK Bone berlokasi di lepas pantai Sulawesi Selatan. Bonus tanda tangan minimal US$ 2,5 juta dan komitmen pasti terdiri dari studi G&G dan seismik 3D 500 km2.

(Baca: Sebanyak 13 Perusahaan Akses Dokumen Lelang Blok Migas Tahap II 2019)

Seluruh WK migas tersebut akan menggunakan kontrak kerja sama gross split. Di sisi lain, pemerintah juga sedang melangsungkan proses lelang reguler WK migas konvensional tahap III 2019. Ada empat WK migas yang ditawarkan, yaitu East Gebang, West Tanjung I, Belayan I, dan Cendrawasah VIII.

Arcandra menambahkan perusahaan migas yang mengakses dokumen lelang Wilayah Kerja (WK) Migas tahap III 2019 sudah sejumlah tiga perusahaan. Namun sayang ia juga kembali tidak merinci perusahaan dari mana saja yang akses dokumen lelang. "Lelang tahap III, sudah tiga perusahaan yang akses dokumen lelang," ujarnya.

Pemerintah menetapkan akses dokumen lelang tahap tiga mulai 26 Juli sampai 18 Oktober 2019. Selanjutya, proses pemasukan dokumen partisipasi bisa dilakukan pada 18 Oktober 2019 hingga 25 Oktober 2019 pukul 14.30 WIB.

(Baca: Pemerintah Tawarkan Empat Blok Migas dalam Lelang Tahap III 2019)

Reporter: Verda Nano Setiawan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN