AS-Tiongkok Kembali Perang Tarif, Rupiah Dibuka Melemah

Agatha Olivia Victoria
26 Agustus 2019, 08:27
rupiah melemah imbas perang tarif as dan tiongkok
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Ilustrasi dolar AS. Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah dibuka melemah 0,21%, menjadi Rp 14.252 per dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini (26/8).

Nilai tukar rupiah dibuka melemah 0,21%, menjadi Rp 14.252 per dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini (26/8), berdasarkan data Bloomberg. Hal ini dipicu oleh perang dagang AS dan Tiongkok.

"Perang dagang yang memanas bisa mendorong pelemahan rupiah hari ini," kata Vice President Monex Investindo Futures Ariston Tjendra kelada Katadata.co.id, Senin (26/8).

Ia menjelaskan, Tiongkok mengumumkan kenaikan bea masuk untuk produk AS pada Jumat malam waktu setempat. Pemerintah Negeri Panda itu menaikkan tarif menjadi US$75 miliar terhadap produk AS.

(Baca: Perang Dagang Berlanjut, AS Balas Rencana Kenaikan Tarif Tiongkok)

Tak berhenti sampai disitu, Ariston mengatakan, AS membalas dengan menaikkan tarif sebesar 5%. "Pengenaan tarif ini untuk barang Tiongkok sebesar US$550 miliar," kata dia.

Ia menjelaskan, aksi saling balas ini meningkatkan kekhawatiran pasar bahwa perang dagang akan semakin panjang. Selain itu, ia menilai bahwa tindak lanjut perang dagang ini dapat berujung pada perlambatan ekonomi global.

Hal itu terlihat dari penguatan dolar AS terhadap banyak mata uang, bukan hanya rupiah. Beberapa mata uang Asia pun terpantau melemah signifikan terhadap dolar AS.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...