Hentikan Tumpahan Minyak, Pertamina Target Sumur Ditutup Bulan Depan

Image title
29 Agustus 2019, 17:47
Pertamina target penutupan sumur YYA-1 Blok ONWJ selesai pada akhir September nantI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, warga duduk didekat limbah tumpahan minyak Oil Spill yang tercecer milik Pertamina di Pesisir Pantai Cemarajaya, Karawang, Jawa Barat, Jumat (2/8/2019). Pertamina target penutupan sumur YYA-1 Blok ONWJ selesai pada akhir September nanti.

PT Pertamina (Persero) menargetkan penutupan sumur YYA-1 Blok ONWJ atau Offshore Northwest Java selesai pada akhir September nanti. Penutupan sumur untuk menghentikan tumpahan minyak di Perairan Karawang, Jawa Barat.

Kebocoran gas disertai tumpahan minyak di Blok ONWJ terjadi sejak 12 Juli lalu. Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu berharap, penutupan sumur dapat dilakukan lebih cepat. “Kami ingin fokus penanggulangan, dari aspek sosial dan lingkungan," kata dia di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (29/8).

Advertisement

Karena itu, ia belum menghitung kerugian yang ditanggung perusahaan akibat kebocoran gas dan tumpahan minyak tersebut.

Meski begitu, ia menegaskan bahwa perusahaan akan segera memberikan ganti rugi kepada masyarakat yang menjadi korban pencemaran. Sebab, verifikasi data penerima kompensasi memasuki tahap final. Hal itu mencakup perhitungan kerugian warga akibat hilangnya mata pencaharian.

Dharmawan menambahkan, perusahaannya berupaya untuk dapat menyelesaikan masalah lingkungan dan sosial akibat tumpahan minyak pada 2020. "Misalnya, penjual di pantai tidak bisa berjualan karena sepi, pada dasarnya untuk mata pencaharian," kata dia.

(Baca: Pertamina Gandeng Elnusa Optimalkan Penanganan Tumpahan Minyak ONWJ)

Dari sisi bisnis, ia belum dapat memastikan perusahaannya akan membangun sumur pengganti atau tidak. Pertamina akan mengevaluasi dan analisis mendalam terlebih dulu, guna mengkaji nilai ekonomi supaya lapangan YY bisa dikembangkan.

Jika Pertamina memutuskan untuk membuat pengganti, maka sarana baru itu dibor secara miring menuju lokasi sumur YYA-1 hingga mencapai titik kedalaman tanah tertentu. Setelahnya, lumpur berat akan dipompa dari sumur baru untuk mematikan yang lama, yakni YYA-1.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement