Cegah Sengketa, 4 Tips Aman Ajukan Kredit ke Pinjaman Online

Pingit Aria
2 September 2019, 11:13
Telaah - Bisnis Fintech
Jakub Jirsak/123rf

Perusahaan-perusahaan financial technology (fintech) pinjaman online kerap menjadi rujukan masyarakat saat memerlukan dana darurat. Selain syarat pengajuan yang mudah, pencairan dananya juga relatif lebih sangat cepat ketimbang bank.

Bagaimanapun, tak sedikit orang yang masih ragu untuk menggunakan jasa fintech pinjaman online. Alasannya, ada pemberitaan mengenai beberapa nasabah yang tercekik bunga fintech, hingga mengalami teror akibat gagal bayar.

Advertisement

Hal itu sebenarnya tidak perlu terjadi jika Anda cermat sejak awal. Intinya, tak perlu takut jika tak ada prosedur yang dilanggar. Berikut adalah beberapa tips aman untuk mengajukan kredit ke fintech pinjaman online, dirangkum dari keterangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI):

1. Pastikan Anda Hanya Berurusan dengan Fintech Legal

Pilih perusahaan fintech yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), daftarnya dapat diakses pada tautan ini. Saat ini, ada 127 fintech terdaftar di OJK, tujuh di antaranya telah mengantongi izin final.

Fintech yang terdaftar di OJK terikat oleh beberapa aturan main. Misalnya, bunga tidak boleh melebihi 0,8% per hari dan penagihan tidak boleh lewat 90 hari. Dengan demikian, bunga yang harus dibayarkan tidak akan melebihi nilai pinjaman pokok.

(Baca: Diduga Kartel Terkait Bunga Pinjaman, Begini Jawaban Asosiasi Fintech)

"Kalau masih ditagih, lapor ke OJK. Kami batalkan tanda daftarnya," kata Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hendrikus Passagi, 2 September 2019.

Selain itu, OJK juga akan membentuk lembaga penyelesaian sengketa fintech. Nantinya, lembaga ini akan dilebur dengan enam lembaga penyelesaian sengketa dari sektor jasa keuangan lain. Di bawah naungan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS), regulator menargetkan penyatuan lembaga tersebut rampung pada 2020.

2. Jeli Membaca Syarat dan Ketentuan

Perusahaan fintech pinjaman online umumnya menawarkan kemudahan dalam penyaluran kredit. Tinggal duduk manis di rumah dengan ponsel yang terkoneksi internet, dana segar bisa cair dalam 1 x 24 jam. Sedangkan, dalam pengajuan kredit ke bank yang proses pencairan dananya perlu waktu berhari-hari.

Persyaratan dalam pengajuan kredit fintech umumnya cukup dengan mengunggah foto diri dengan kartu identitas yang berlaku, alamat email dan akun media sosial. Sedangkan di bank, peminjam wajib melampirkan berbagai macam dokumen pendukung, mulai dari KTP dan Kartu Keluarga, Kartu Kredit, Nomor Telepon Rumah dan Orangtua serta kerabat, hingga survei rumah, dan lainnya.

Namun, di balik semua kemudahan pinjam online itu, tentunya ada konsekuensi yang harus ditanggung. Perusahaan fintech pinjaman online melakukan analisis kredit melalui data digital yang tersimpan dalam perangkat elektronik Anda.

Melakukan transaksi digital berarti memberi kewenangan pihak lain untuk mengakses data Anda. Di sini Anda wajib bersikap jeli dalam membaca syarat dan ketentuan yang berlaku saat mengunduh aplikasi fintech (juga e-commerce dan game).

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement