Prediksi Beragam Laju IHSG Hari Ini, Berikut Saham-saham Pilihannya

Happy Fajrian
16 September 2019, 08:12
ihsg hari ini, saham pilihan, rekomendasi saham hari ini
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Analis memiliki pandangan yang beragam terkait laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Senin (16/9). Investor akan memperhatikan rilis data neraca perdagangan Indonesia oleh BPS siang ini.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) terkoreksi sebesar 0,12% ke posisi 6.334,84 pada perdagangan akhir pekan lalu. Dengan demikian IHSG selama sepekan lalu naik sebesar 0,41% dari posisi 6.308,95 pada posisi penutupan pekan sebelumnya.

Untuk hari ini, beberapa analis memiliki pandangan yang beragam terkait potensi pergerakan IHSG. Direktur Riset Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memprediksi IHSG berpotensi untuk berbalik naik (rebound) setelah selama dua hari perdagangan secara berturut-turut terkoreksi.

“Momentum koreksi wajar masih dapat terus dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan pembelian, mengingat pola uptrend jangka panjang masih terlihat dalam pergerakan IHSG, hari ini IHSG berpotensi naik di kisaran 6.296 sampai 6.448,” kata prediksi William dalam risetnya hari ini, Senin (16/9).

(Baca: Harga Saham Tambang Rontok, IHSG Turun 0,12%)

Menurut dia, pola pergerakan IHSG hingga saat ini masih menunjukkan pola gerak konsolidasi. Rilis data perekonomian tentang neraca perdagangan Indonesia diperkirakan akan turut memberi warna terhadap pola gerak IHSG hari ini.

Beberapa saham yang dapat menjadi fokus investor hari ini menurut William di antaranya saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Alam Sutra Realty Tbk (ASRI), dan PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP).

Sementara itu Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus, memiliki pandangan yang berbeda. Secara teknikal dia memprediksi ada potensi hari ini IHSG melanjutkan laju koreksinya dari Kamis (12/9) pekan lalu.

(Baca: Volume Penjualan Merosot, Harga Saham Dua Emiten Semen Anjlok)

“Secara teknikal kami melihat IHSG saat ini memiliki peluang bergerak mix cenderung melemah (turun) dan akan ditradingkan pada level 6.310 sampai 6.367,” ujar Nico dalam risetnya hari ini. Menurunya, pasar cenderung konservatif menjelang rilis data neraca perdagangan.

Hal ini menunjukkan adanya antisipasi terhadap data-data yang tidak sesuai ekspektasi. “Kami melihat IHSG masih berpotensi tertekan dalam pekan ini, (salah satunya) karena kinerja saham emiten rokok cukup tertekan selama beberapa minggu terakhir karena rencana kenaikan cukai hasil tembakau sebesar 23% pada Januari dan kenaikan harga eceran 35%,” terang Nico.

Beberapa saham yang dia rekomendasikan kepada investor untuk perdagangan hari ini di antaranya PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI). Nico memprediksi beberapa proyek dapat terealisasi pada kuartal III dan IV tahun ini meski dia pesimistis taget kontrak baru Rp 30 triliun ADHI dapat tercapai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...