Jaga Daya Beli, BPH Migas Cabut Pembatasan Konsumsi Solar Subsidi

Image title
1 Oktober 2019, 20:17
mencabut pembatasan konsumsi solar subisidi sejak akhir bulan lalu.
Pertamina
Ilustrasi, Pertamina pasok BBM untuk Rumah Sakit dan PLN usai pasca-gempa Palu dan Donggala. BPH Migas cabut mencabut pembatasan konsumsi solar subisidi sejak akhir bulan lalu.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mencabut pembatasan konsumsi  solar subisidi sejak akhir bulan lalu. Hal ini dilakukan untuk menjaga daya beli dan tidak menimbulkan gejolak di tengah masyarakat.

Anggota Komite BPH Migas Jugi Prajogio menjelaskan, meski pembatasan konsumsi solar bersubsidi dicabut, lembaganya meminta kepada PT Pertamina (Persero) untuk mengatur penyaluran sesuai kuota Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT) 2019.

Advertisement

"Sampai saat ini, tidak ada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) kuota 2019. Jadi harus dijaga penyalurannya secara cermat dan tepat sasaran oleh Pertamina," katanya kepada Katadata.co.id, Selasa (1/10).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan, BPH Migas mencabut kembali surat edaran pembatasan kuota solar subsidi pada Jumat (27/9) malam. "Intinya, dari Pertamina tidak ada pembatasan," kata dia saat ditemui di Jakarta.

(Baca: Kuota Solar Subsidi Bakal Habis November, Truk Diminta Pakai BBM Umum)

Sebelumnya, BPH Migas mengatakan bahwa kuota solar subsidi akan habis pada akhir November 2019. Maka, pengguna truk diimbau menggunakan solar non subsidi. Imbauan ini berlaku untuk truk tangki BBM, mobil tangki CPO, dump truck, truck trailer, truk gandeng, dan mobil molen atau pengaduk semen.

Komite BPH Migas Sumihar Pandjaitan mengatakan, pengguna truk telah mendapat pasokan solar subsidi sejak Januari hingga September. Hal tersebut yang menyebabkan kuota subsidi solar habis sebelum akhir tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement