IHSG Diramal Lanjutkan Kenaikan, Saham Bank BUMN Banyak Direkomendasi

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Martha Ruth Thertina

9/10/2019, 06.46 WIB

IHSG diprediksi melanjutkan kenaikan, meski terbatas.

IHSG hari ini, rekomendasi saham hari ini
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Pegawai mengamati layar pergerakan saham di Mandiri Sekuritas, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Beberapa analis pasar modal memprediksi kenaikan indeks harga saham gabungan atau IHSG hari ini, Rabu, 9 Oktober 2019. Ini artinya, melanjutkan kenaikan sehari sebelumnya yang sebesar 0,65% ke level 6.039,6.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mengatakan, kenaikan IHSG pada perdagangan kemarin menunjukkan investor mulai kembali berspekulasi masuk ke pasar setelah beberapa hari IHSG mengalami koreksi yang cukup dalam.

Pada perdagangan hari ini, IHSG diprediksi akan melanjutkan kenaikan meski masih terbatas. "Melihat masih minimnya sentimen. Secara teknikal mengindikasikan adanya potensi rebound dalam jangka pendek," kata Dennies dalam riset tertulisnya.

(Baca: Katadata Market Index: IHSG Oktober Bearish karena Ekonomi Domestik)

Ia meramalkan IHSG hari ini bergerak pada level resistance pertama dan kedua berada pada level 6.069 hingga 6.054. Sedangkan level support pertama dan kedua berkisar 6.017 hingga 5.995.

Rekomendasi saham dari Dennies antara lain, Barito Pacific (BRPT), Bukit Asam (PTBA), dan Bank Negara Indonesia (BBNI).

Senada, Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi juga melihat potensi kenaikan lebih lanjut. "Dengan level support dan resistance pada perdagangan hari ini pada level 6.000-6.142," kata dia dalam riset tertulisnya.

(Baca: BEI Sebut 31 Perusahaan Bakal Gelar IPO Hingga Akhir Tahun Ini)

Beberapa saham yang dinilainya masih cukup menarik secara teknikal di antaranya Waskita Beton Precast (WSBP), Chandra Asri Petrochemical (TPIA), H.M. Sampoerna (HMSP), Unilever Indonesia (UNVR), Bank Negara Indonesia (BBNI), Bank Tabungan Negara (BBTN), Bank Mandiri (BMRI), dan Bank Permata (BNLI).

Ia juga memberikan rekomendasi untuk saham Sri Rejeki Isman (SRIL), Bukit Asam (PTBA), Medco Energi Internasional (MEDC), dan Pakuwon Jati (PWON).

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama juga melihat indikasi IHSG hari ini kembali naik. "Sehingga berpeluang menuju ke area resistance terdekat," kata dia.

Level resistance pertama maupun kedua diprediksi berada rentang pada level 6.077,33 hingga 6.138,25. Sedangkan level support pertama maupun kedua berada pada rentang 5.988,87 hingga 5.907,12.

Rekomendasi saham dari Nafan antara lain Adhi Karya (ADHI), Astra International (ASII), Alam Sutera Realty (ASRI), Bank Negara Indonesia (BBNI), Perusahaan Gas Negara(PGAS), Timah (TINS), dan Telekomunikasi Indonesia (TLKM).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan