6 Perusahaan Besar Tinggalkan Proyek Mata Uang Digital Facebook

Cindy Mutia Annur
14 Oktober 2019, 10:38
Proyek mata uang digital Facebook, Libra ditinggal enam perusahaan besar, mulai dari Visa hingga PayPal
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic
Ilustrasi, logo Facebook yang dicetak 3D berdiri terlihat di depan kode siber yang dipajang dalam sebuah ilustrasi yang diambil fotonya tanggal 22 Maret 2016. Proyek mata uang digital Facebook, Libra ditinggal enam perusahaan besar, mulai dari Visa hingga PayPal.

Proyek mata uang digital milik Facebook, Libra mengalami persoalan perizinan dari regulator. Alhasil, enam perusahaan besar yakni Visa, Mastercard, PayPal, Stripe, eBay, dan Mercado Pago meninggalkan Asosasi Libra.

Asosiasi Libra merupakan entitas terpisah yang memantau perkembangan mata uang digital tersebut. Asosiasi ini terdiri dari modal ventura, organisasi nirlaba, perusahaan cryptocurrency, keuangan, serta penyedia layanan teknologi dan telekomunikasi.

Advertisement

“eBay telah membuat keputusan untuk tidak bergerak maju sebagai anggota pendiri (Asosiasi Libra). Saat ini, kami fokus untuk meluncurkan pengalaman pembayaran yang dikelola eBay untuk pelanggan,’” demikian dikutip dari Independent.co.uk, kemarin (13/10).

eBay merupakan perusahaan e-commerce yang berdiri pada 1995. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini mulanya berharap, Libra bisa mengurangi biaya transaksi di platform-nya.

Keputusan serupa disampaikan oleh perusahaan keuangan, Visa. “Visa memutuskan untuk tidak bergabung dengan Asosiasi Libra saat ini," kata perusahaan dalam pernyataan resmi dikutip dari Reuters. "Kami terus mengevaluasi dan keputusan akhir kami yang ditentukan oleh sejumlah faktor, termasuk kemampuan Asosiasi untuk sepenuhnya memenuhi semua harapan peraturan yang diperlukan."

(Baca: PayPal Keluar dari Proyek Uang Digital Facebook Libra)

Di saat bersamaan, Mastercard juga memutuskan untuk keluar dari Asosiasi Libra. Padahal, jaringan Visa dan Mastercard sangat luas, sehingga bisa memperkuat Libra.

Perusahaan e-commerce, Stripe pun memilih keluar dari Asosiasi Libra. Perusahaan ini bekerja sama dengan PayPal untuk memfasilitasi sebagian besar transaksi online di luar Tiongkok. Karena itu pasarnya cukup besar.

PayPal bahkan lebih dulu menyatakan tidak melanjutkan partisipasinya di asosiasi, dan fokus pada bisnis intinya. “Kami tetap dalam posisi mendukung aspirasi Libra, dan akan melihat kemungkinan melanjutkan dialog untuk bekerja sama di masa depan,” demikian pernyataan Paypal, beberapa waktu lalu.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement