Wakili Menteri di Depan Jokowi, Sri Mulyani: Maaf Kami Suka Ndablek

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Martha Ruth Thertina

18/10/2019, 17.45 WIB

Jokowi menggelar silaturahmi dengan Jusuf Kalladan para menteri Kabinet Kerja dalam rangka berakhirnya pemerintahan periode pertama.

Perpisahan Kabinet Kerja
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Dari kiri, Menaker Hanif Dhakiri, Menkeu Sri Mulyani, Menlu Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono dan Menhub Budi Karya Sumadi bernyanyi dalam acara silaturahmi kabinet kerja di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Silaturahmi itu juga merupakan ajang perpisahan presiden, wakil presiden serta para menteri kabinet kerja yang telah bekerja sama selama lima tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memohon maaf kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) jika kinerja para menteri Kabinet Kerja selama ini kurang memuaskan. Ia mengatakan, para menteri adalah manusia biasa yang tak lepas dari berbagai kesalahan.

Meski demikian, dia meyakini para menteri sudah berupaya seoptimal mungkin menjalankan pekerjaannya. "Kami mohon maaf mungkin suka nakal, suka ndablek, suka enggak ngerti, suka terlambat," kata saat acara silaturahmi dengan Jokowi dan JK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10).

Sri Mulyani lantas berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan Jokowi-JK kepada para menteri. Menurutnya, hal tersebut akan menjadi pengalaman berharga bagi para menteri.

(Baca: Cerita Jokowi Kerap Telepon Menteri Tengah Malam)

Ia juga berterima kasih karena Jokowi-JK memberikan kesempatan kepada para menteri untuk mengekspresikan bakat mereka. Hal tersebut, kata dia, salah satunya dengan pembentukan grup musik Elek Yo Band.

Elek Yo Band adalah grup musik yang beranggotakan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Selain sebagai wadah untuk mengekspresikan bakat, Sri Mulyani menilai hadirnya Elek Yo Band untuk menyalurkan rasa frustasi para menteri seusai bekerja. "Kalau kami merasa bahwa ada yang kami mau lakukan lebih baik, kami salurkan di dalam lagi," kata dia.

(Baca: Kebebasan Berekspresi Disebut Mundur, Moeldoko: Demi Stabilitas)

Sri Mulyani berharap apa yang telah dilakukan Jokowi-JK dan para menteri Kabinet Kerja selama 2014-2019 dapat berkontribusi memperbaiki berbagai masalah di Indonesia. Dia pun berharap pemerintahan Jokowi di periode kedua dapat semakin memajukan Indonesia.

"Kami semua mendukung dan terus ingin mendekatkan republik sesuai janjinya Pak Jokowi, yaitu adil, makmur, dan bermartabat," ucapnya.

Jokowi menggelar silaturahmi dengan JK dan para menteri Kabinet Kerja dalam rangka berakhirnya tugas pemerintahannya di periode pertama. Para menteri terpantau datang sejak pukul 11.00 WIB di Istana.

Mereka lantas melaksanakan salat Jumat berjamaah di lingkungan Istana. Kemudian, Jokowi, JK, dan para menteri mengadakan foto bersama.

(Baca: Pengusaha, Politisi & Menteri yang ke Istana saat Jokowi Susun Kabinet)

Setelahnya, mereka makan siang bersama di Istana Negara. Di sela acara makan siang itu, Elek Yo Band tampil memeriahkan suasana. Kapolri Tito Karnavian turut naik panggung dan bernyanyi.

Selain menteri-menteri Kabinet Kerja yang masih aktif, tampak mantan Menko PMK Puan Maharani, eks Menkumham Yasonna Laoly, dan bekas Juru Bicara Presiden Johan Budi. Saat ini, Puan telah menjabat sebagai Ketua DPR, sedangkan Yasonna dan Johan menjadi anggota DPR dari Fraksi PDIP.

Adapun, Menko Polhukam Wiranto tak datang ke acara tersebut lantaran masih menjalani perawatan setelah peristiwa penusukan di Pandeglang, Banten.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan