BPH Migas Harap Petronas Tetap Manfaatkan Pipa Kalija 1 Milik PGN

Image title
22 Oktober 2019, 15:37
BPH Migas, Kalija I
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, pipa gas. Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas mendorong Petronas tetap memanfaatkan pipa gas Kalija I meskipun produksi Lapangan Kepodang hampir habis.

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Fanshurullah Asa berharap Petronas bertanggungjawab memanfaatkan pipa gas Kalija 1 yang dioperasikan PT Kalimantan Jawa Gas (KJG). Jika tak dimanfaatkan, Fanshurullah khawatir kasus Kepodang bisa merusak iklim investasi hilir migas.

Pasalnya, pengembalian investasi KJG belum tercapai karena produksi gas Lapangan Kepodang habis. "Orang sudah keluar modal, tahu-tahu gas-nya habis, modal saja belum balik. Itu kan merusak iklim investasi," kata Fanshurullah saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Selasa (22/10).

Advertisement

Pemanfaatan pipa Kalija I bisa diupayakan dengan membangun floating storage regasification unit (FSRU). Dengan begitu, pipa Kalija 1 bisa terus dimanfaatkan. "Gas yang tidak ada kan di Kepodang, di Bontang banyak, tinggal angkut," katanya.

(Baca: Saka Energi lanjutkan Kelola Kepodang, Berproduksi Hanya Tiga Bulan)

Lebih lanjut, Fanshurullah mempertanyakan prosedur rencana pengembangan (PoD) lapangan Kepodang. Sebab, cadangan gas habis sebelum kontrak penyaluran gas berakhir pada 2025.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement