Pertamina EP Nilai Positif Rencana KESDM Tertibkan Pengeboran Ilegal

Image title
22 Oktober 2019, 18:29
Pertamina
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, gedung Pertamina di kawasan Jakarta Pusat (09/08). Pertamina EP, anak usaha Pertamina, menilai positif rencana Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menertibkan pelaku pengeboran sumur ilegal.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana menertibkan pengeboran minyak ilegal pada sumur tua. Dengan begitu, produksi migas dari sumur tua bisa dicatat sebagai tambahan produksi nasional.

Presiden Direktur Pertamina EP (PEP) Nanang Abdul Manaf menilai positif rencana pemerintah tersebut. Pasalnya, pengeboran ilegal marak terjadi di wilayah operasi PEP, khususnya di Jambi dan Sumatera Selatan. 

Pengeboran sumur ilegal juga telah merugikan perusahaan dan negara. "Saya kira sangat baik kalau pemerintah turun tangan untuk menertibkannya, mencatat, dan melakukan pembinaan sehingga kegiatan lebih tertib, menggunakan alat yang benar, dan tidak merusak lingkungan," kata Nanang kepada Katadata.co.id, Selasa (22/10).

(Baca: Ada 1.000 Sumur Ilegal, Pertamina EP Sulit Kembangkan Jambi Field)

Plt Dirjen Migas Djoko Siswanto mengatakan pemerintah akan melakukan penataan pengeboran minyak ilegal dari sumur tua. Para pelaku pengeboran minyak akan diwajibkan bekerja sama dengan para kontraktor eksisting.

Dengan begitu, pelaku pengeboran sumur minyak ilegal bisa mendapat pembekalan penggunaan alat dalam kegiatan hulu migas. Selain itu, produksi migas nasional bisa bertambah. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...