Asosiasi E-Commerce Tanggapi Kabar Bisnis Digital Diurus Johnny Plate

Desy Setyowati
23 Oktober 2019, 05:27
Asosiasi E-commerce menanggapi kabar Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate jadi menteri dalam kabinet baru yang urus bisnis digital
Kominfo
Ilustrasi, Pendiri Gojek Nadiem Makarim, CEO Traveloka Ferry Unardi, CEO Tokopedia William Tanuwijaya, dan CEO Bukalapak Achmad Zaky, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Menteri Kominfo Rudiantara. Gojek dan tiga unicorn menegaskan bahwa perusahaan mereka berada di Indonesia. Asosiasi E-commerce menanggapi kabar Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate jadi menteri dalam kabinet baru yang urus bisnis digital.

Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Ignatius Untung menilai, menteri dalam kabinet baru Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait bisnis digital idealnya yang memahami industri ini. Namun, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate mengaku diminta mengurus sektor ini.

Ignatius menilai, menteri yang mengatur ekonomi digital dari kalangan politikus ataupun profesional semestinya tidak menjadi persoalan. “Tapi, idealnya yang mengerti industri ini. Entah pernah punya kepemilikan atau ya tahu ‘dalam-dalamnya’ ekonomi digital,” katanya kepada Katadata.co.id, Selasa (22/10) malam.

Advertisement

Meski begitu, menurutnya Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) periode 2014-2019 Rudiantara cukup sukses mengatur kebijakan terkait bisnis digital. Padahal, Rudiantara merupakan professional di bidang telekomunikasi. “Hasilnya baik-baik saja, sejauh ini,” kata dia.

(Baca: Akan Urus Regulasi Bisnis Digital, Jhonny Plate Bakal Jadi Menkominfo?)

Ignatius menilai, sosok pemimpin yang mengatur kebijakan terkait bisnis digital harus terbuka terhadap masukan para pelaku usaha. “Yang bahaya kalau (para pemain di industri ini) tidak dirangkul,” katanya.

Jika itu terjadi, ia khawatir kebijakan yang dikeluarkan bisa menghambat sektor ini. “Jadi, sepanjang dia (menteri yang mengatur bisnis digital) melibatkan orang-orang yang mengerti (industri) semestinya tidak masalah,” kata Ignatius.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement