Alfamart dan Alfamidi Pasang Teknologi IoT di 10.500 Gerai Tahun Depan

Cindy Mutia Annur
8 November 2019, 17:36
Sebanyak 10.500 gerai Alfamart dan Alfamidi adopsi IoT tahun depan
Arief Kamaludin / Katadata
Ilustrasi, stand Alfamart di area pameran. Sebanyak 10.500 gerai Alfamart dan Alfamidi adopsi IoT tahun depan.

Perusahaan retail modern, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfa Group) mengadopsi teknologi dalam dua tahun terakhir, supaya bisnisnya tidak tergerus di tengah maraknya e-commerce. Tahun depan, 10.500 gerai Alfamart dan Alfamidi pun bakal dipasang perangkat Internet of Things (IoT).

Rinciannya, 10.000 di cabang Alfamart dan 500 Alfamidi. “Kalau tidak ikut mengembangkan bisnis (secara digital), tentu kami akan tertinggal," kata General Manager of Digital Business Alfamart Viendra Primadia di Jakarta, Jumat (8/11).

Advertisement

Sejak Agustus lalu, 750 cabang Alfamart dan 10 Alfamidi sudah memakai perangkat berbasis IoT tersebut. Lokasinya berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Depok (Jabodetabek), Sidoarjo, Bali, dan Bandung.

Perangkat yang dipasang pada ribuan gerai Alfamart dan Alfamidi itu berupa layar interaktif berbasis IoT. Untuk bisa menyediakan layanan ini, Alfa Group menggandeng perusahaan media placement, DAV.

"Kami harap penggunaannya (perangkat ini) bisa membuat segalanya lebih seamless dan konsumen bisa terpenuhi kebutuhannya dengan cepat," kata Viendra.

(Baca: Kuasai Saham Alfamidi, Laba AMRT Bisa Meroket)

General Manager DAV Hertha Joyce Agustine mengatakan, perangkat DAV 2.0 atas kemitraan dengan Alfa Group punya empat fitur utama. Pertama, Hot Deal yakni fitur informasi berbagai penawaran menarik bagi konsumen.

Kedua, Interaction Report yang dilengkapi teknologi pendeteksi wajah konsumen di depan layar. Lewat fitur ini, perusahaan bisa mendapat insight terkait pelanggan berupa gender, ekspresi, dan umur. "Membantu para pemegang merek mengenali konsumennya secara detail," katanya.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement