Retail Offline Tutup Gerai, Marketplace Bahan Pangan Justru Menjamur

Cindy Mutia Annur
24 Juni 2019, 15:05
Konsumen berbelanja di Supermarket Giant Ekspres, Mampang Prapatan, Jakarta, Minggu (23/6/2019). Giant berencana menutup enam gerai di wilayah Jabodetabek yang akan dilakukan pada 28 Juli 2019.
Ilustrasi, konsumen berbelanja di Supermarket Giant Ekspres, Mampang Prapatan, Jakarta, Minggu (23/6/2019). Giant berencana menutup enam gerai di wilayah Jabodetabek yang akan dilakukan pada 28 Juli 2019. Di tengah penutupan gerai ini, marketplace bahan makanan menjamur.

PT Hero Supermarket Tbk dikabarkan menutup enam gerai Giant pada 28 Juli mendatang. Padahal, Hero sudah menutup 26 gerai pada Januari lalu. Di tengah ramainya penutupan gerai oleh pengusaha retail offline, marketplace bahan pangan justru kian menjamur.

Marketplace bahan makanan tersebut seperti Brambang.com, Sayurbox, Etanee, Lemonilo, BlibliMart, dan lainnya. Meski begitu, menurut Wakil Ketua Umum Aprindo Tutum Rahanta, bisnis online bukanlah penyebab utama dari tutupnya gerai retail offline seperti Hero. “Pengaruh (bisnis online) ada, tapi bukan yang dominan,” kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (24/6).

Advertisement

Ia menduga, penyebab utama penutupan gerai Giant terjadi karena perusahaan itu melakukan efisiensi. Ada juga faktor lainnya, seperti lokasi yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman, persaingan antarsesama retail maupun pebisnis lain, permasalahan manajemen, dan sebagainya.

(Baca: Dikabarkan Segera Tutup Enam Gerai, Giant Obral Diskon & PHK Karyawan)

Hero bersaing dengan retail minimarket yang fokus membangun gerai dekat dengan konsumen seperti Alfamart dan Indomart. Selain itu, pesaing Hero bertambah dengan kehadiran  marketplace yang menyediakan bahan makanan.

Brambang.com misalnya, menyediakan berbagai aneka bahan makanan mulai dari buah-buahan, bumbu rempah, sayuran, daging, produk susu, makanan beku, hingga kudapan (snack). Marketplace ini juga menghadirkan penawaran gratis ongkos kirim untuk pemesanan dengan nilai tertentu. Produk yang dipesan pun diantar pada hari berikutnya setelah pemesanan.

Ada juga Etanee, yang menjual bahan makanan dan aneka kuliner olahan yang siap saji. Marketplace ini juga memberikan informasi mengenai lokasi penjual makanan keliling menggunakan gerobak hingga yang ada di pasar tradisional.

(Baca: Retail Minimarket Masih Tumbuh 1000 Gerai Tiap Tahun)

Lalu, BlibliMart. Selain fokus pada produk fashion, elektronik, dan lainnya, Blibli menyiapkan laman khusus untuk bahan makanan yang diberi nama BlibliMart. Blibli menyediakan aneka produk makanan, minuman, kebutuhan ibu dan anak, perawatan rumah tangga, perawatan kulit tubuh, serta makanan beku dan segar.

Blibli menyediakan layanan pengiriman barang di hari yang sama untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) lewat kerja sama dengan Gojek. Pembayaran yang ditawarkan pun  lebih beragam yakni tunai atau mencicil selama enam bulan hingga setahun.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement