Resmi Dirilis, Tribelio Menjadi Aplikasi Digital Khusus Pelaku Usaha

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Ratna Iskana

9/11/2019, 16.02 WIB

Tribelio mencatat ada 22 ribu anggota yang telah bergabung dalam aplikasi digital tersebut. Tahun depan ditargetkan menjadi 1 juta anggota.

Aplikasi digital Tribelio resmi dirilis pada Sabtu (9/11). Aplikasi ini menjadi tempat pelaku usaha membangun komunitasnya.
Katadata/Agatha Olivia Victoria
Aplikasi digital Tribelio resmi dirilis pada Sabtu (9/11). Aplikasi ini menjadi tempat pelaku usaha membangun komunitasnya.

Aplikasi digital Tribelio baru saja diluncurkan secara resmi pada Sabtu (9/11). Aplikasi ini diciptakan untuk menjadi tempat bagi pelaku usaha membangun komunitasnya.

Dari komunitas tersebut, pelaku usaha dapat saling berbincang dengan para pelanggannya secara lebih dekat. CEO and Founder Tribelio Denny Santoso mengatakan omset sebuah usaha bisa meningkat dengan adanya komunitas. Oleh sebab itu, dia membuat Tribelio untuk mejadi tempat komunitas bagi pelaku usaha.

"Di mana adanya kepercayaan dan interaksi antara penjual dan pembeli dapat membantu keberlangsungan sebuah bisnis," kata Denny dalam Konferensi Pers di Emporium Pluit Mall, Jakarta, Sabtu (9/11).

Ia menambahkan, dengan membangun hubungan yang baik, maka pelanggan bisa menjadi lebih loyal. Ketika hubungan yang baik terbangun antara pebisnis dengan pelanggan, atau antara brand dengan masyarakat, maka mereka tidak akan mudah berpaling. Denny pun berharap, Tribelio dapat meningkatkan potensi bisnis dan pendapatan hingga 10 kali bagi pelaku usaha.

(Baca: Kejahatan Siber Merebak, Ini Tips Aman Transaksi Keuangan Digital)

Target pasar dari Tribelio merupakan pelaku usaha yang biasa disebut Chiefs. Nantinya Chiefs akan membangun sebuah komunitas di Tribelio. Seorang Chief, sambung Denny, harus membayar sebesar Rp 855.000 untuk berlangganan di aplikasi tersebut selama sebulan.

Untuk anggota komunitas bisa mendaftarkan diri di aplikasi secara cuma-cuma. "Tapi kalau anggota komunitas ingin bergabung dengan komunitas, tetap harus dengan seizin Chief. Jadi tidak bisa sembarangan," ujarnya.

Tribelio sudah mulai diperkenalkan pada 19 September 2019 dan sudah tersedia di Android maupun IOS. Tribelio juga dapat diakses melalui desktop dan mobile browser.

Sejauh ini ada 600 Chiefs dan 22 ribu anggota. "Harapan saya, pengguna Tribelio ini bisa mencapai 1 juta orang hingga tahun depan. Sehingga lebih banyak movement for good impact," ucap dia.

Adapun fitur yang dimiliki oleh para Chiefs yakni Detailed Data Analytics, Advance Marketing Tools, dan Growth Hacks Tools. Detailed Data Anlytics merupakan fitur yang dapat memantau aktivitas dalam sebuah komunitas, seperti post engagements atau posting dan kontribusi terbanyak, perilaku, keaktifan, hingga lokasi anggota, minat paling disukai oleh anggota, hastag, dan lainnya.

Kemudian Advance Marketing Tools merupakan fitur yang dapat membantu mengelola aktivitas komunitas termasuk Omni Channel Autoresponder seperti email, SMS, push notifications, inbox dan event management. Sedangkan Growth Hacks Tools adalah fitur yang akan membantu meningkatkan jumlah anggota dengan menggunakan fitur Marketing Automation, yang juga terhubung ke Facebook dan Google.

Sedangkan para anggota Chiefs akan bertemu dengan orang-orang yang pola pikir dan kepercayaan sama untuk berbagi cerita, ide dan pengalaman. Selain itu, para anggota juga bisa mendapatkan informasi ekslusif dari komunitas yang diikuti, dan perkembangan topik terbaru yang disukai.

(Baca: Bukalapak Fokus Garap Warung dalam Lima Tahun ke Depan)

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan