Gojek Tanggapi Order Fiktif Ojek Online hingga Jutaan

Penulis: Tri Kurnia Yunianto

Editor: Desy Setyowati

15/11/2019, 12.11 WIB

Modusnya dengan memesan kuliner lewat aplikasi ojek online.

Gojek tanggapi konten viral terkait order fiktif tembus jutaan rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi ojek online.

Belakangan media sosial ramai dengan konten pengemudi ojek online yang merugi karena order fiktif pesan-antar makanan seperti GrabFood dan GoFood. Menanggapi hal itu, Gojek menegaskan perusahaannya tidak menoleransi kecurangan seperti ini.

Salah satu konten yang viral yakni seorang pria yang meraup jutaan rupiah lewat order fiktif. Pada gambar yang diunggah akun Instagram Ojol Makassar, pria tersebut mengenakan kalung kardus bertuliskan pelaku order fiktif. Disebutkan juga, dia mendapat Rp 2 juta lewat order fiktif ke KFC dan Rp 1 juta dari Mc Donald.

“Pelaku order fiktif di TransMart Cilandak Jakarta Selatan ditangkap,” kata akun @OjolMakassar beberapa waktu lalu (12/11). Pemilik akun mengatakan, pria tersebut juga merupakan pengemudi ojek online.

Senior Manager Corporate Affairs Gojek Alvita Chen mengaku belum mendapat laporan terkait hal itu. Karena itu, ia enggan berkomentar lebih detail terkait order fiktif pesan-antar makanan hingga jutaan rupiah itu.

(Baca: Grab Berhentikan Puluhan Ribu Pengemudi Nakal)

Ia hanya menegaskan bahwa Gojek tidak menoleransi perilaku kecurangan apapun. “Algoritma kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) milik Gojek dapat memonitor dan mencegah perilaku curang,” kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (14/11).

Perusahaannya juga sudah bekerja sama dengan kepolisian untuk menindaklanjuti laporan terkait perilaku kecurangan. Gojek menyediakan kanal khusus bagi pengguna yang ingin melaporkan kecurangan terkait layanannya.

“Laporan tindak kecurangan yang disampaikan ke kanal yang sudah disediakan dapat diproses sesuai hukum yang berlaku,” kata Alvita.

(Baca: Grab Sebut Order Fiktif Ojek Online Tak Hanya Terjadi di Indonesia)

Katadata.co.id juga sudah meminta konfirmasi Grab terkait order fiktif pesan-antar makanan lewat aplikasi ojek online ini. Namun, decacorn asal Singapura itu belum memberikan tanggapan.

Sebelumnya, ada beberapa kasus pengemudi ojek online mendapat order fiktif yang beredar di media sosial.  Selebgram Karin Novilda sempat membantu mitra Grab yang rugi ratusan ribu rupiah karena order fiktif GrabFood atas nama BK dan kehilangan motornya.

Selebgram yang dikenal dengan Awkarin itu pun membelikan sepeda motor untuk pengemudi ojek online tersebut. “Saya sudah beli satu unit motor. Senin kami bertemu,’ kata dia lewat akun Twitter-nya @awkarin, beberapa waktu lalu (13/10).

(Baca: INDEF: 81% Pengemudi Ojek Online Pernah Jadi Korban Order Fiktif)

Reporter: Tri Kurnia Yunianto

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan