Microsoft Cortana dan Para Asisten Digital Pesaingnya

Pingit Aria
19 November 2019, 13:39
Microsoft
marketingland.com

Microsoft mengumumkan rencana penghentian layanan asisten digital Cortana. Perusahaan milik Bill Gates itu akan menyetop layanan Cortana versi iOS dan Android pada Januari 2020.

Dikutip dari The Verge, Senin (18/11/2019), Cortana sudah pamit kepada penggunanya di platform milik Apple dan Google itu. Di laman resminya, Cortana menyatakan bahwa layanannya tak akan bisa digunakan pada perangkat berbasis iOS dan Android di Inggris, Kanada, Australia, Jerman, Meksiko, Tiongkok, dan India.Top of Form

Bottom of FormSedangkan, pengguna di iOS dan Android di Amerika Serikat masih akan bisa menggunakan Cortana, meski untuk waktu yang belum ditentukan.

(Baca: Bill Gates Juara, Ini Daftar Orang Terkaya Versi Bloomberg)

Setelah menghapus Cortana untuk perangkat mobile, Microsoft akan fokus mengembangkan sang asisten digital di platform Windows. Bahkan, perusahaan akan membuat Cortana terintegrasi dengan software di Microsoft 365.

"Untuk membuat Cortana lebih membantu, kami mengintegrasikan Cortana di software Microsoft 365, dan sebagai bagian dari perubahan itu, kami menghentikan dukungan untuk aplikasi mobile Cortana di Android dan iOS," tutur juru bicara Microsoft.

Cortana semula didesain untuk menghubungkan PC Windows 10 dengan smartphone. Asisten virtual ini baru diluncurkan untuk Android dan iOS pada Desember 2015.

Hanya, pada awal tahun ini, CEO Microsoft Satya Nadella mengakui bahwa Cortana sudah tertinggal dari Google Assistant dan Amazon Alexa. Maka, perusahaan akan mengambil pendekatan lain melalui pengguna desktop di software Microsoft 365.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...