Temui Delegasi Jepang, Jokowi Minta Pengembangan Blok Masela Dikebut

Dimas Jarot Bayu
20 November 2019, 15:56
Bertemu delegasi Jepang, Presiden Jokowi meminta pengembangan blok masela dipercepat
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju menerima delegasi Asosiasi Indonesia-Jepang (JAPINDA) yang dipimpin mantan Perdana Menteri Jepang Fukuda Yasuo di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (20/11/2019). Pertemuan tersebut membahas tentang investasi Jepang di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui delegasi Japan Indonesia Association (Japinda) yang dipimpin mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini (20/11). Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Japinda membahas berbagai isu kerja sama dan investasi Jepang di Indonesia. 

Salah satu investasi yang dibahas yakni pengembangan Blok Masela. Inpex Corporation bekerja sama dengan Shell Upstream Overseas Ltd mengembangkan proyek tersebut.

Dalam pertemuan itu disampaikan bahwa desain pengembangan Blok Masela dan pembebasan lahan tengah dikerjakan. “Konten lokal semua juga dipersiapkan. Proyek ini bakal mempekerjakan tenaga kerja di sana (sekitar proyek)," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini (20/11).

Ia mengatakan, Presiden Jokowi meminta agar pengembangan Blok Masela dipercepat. Fukuda memastikan bahwa permintaan Jokowi itu bakal ditindaklanjuti. "Ia bilang bahwa dia menjadi saksi hal ini bisa dipercepat," kata Airlangga.

(Baca: SKK Migas: Belum Ada Kandidat Kuat Pembeli Gas Blok Masela)

Berdasarkan perpanjangan kontrak bagi hasil (PSC) Blok Masela, masa konstruksinya dimulai pada 2022 dan 2027. Kontrak itu ditandatangani Inpex, Shell dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong SKK Migas untuk mencari pembeli gas Blok Masela. Sebab, menurut Pelaksana Tugas Dirjen Migas Djoko Siswanto, hal ini penting untuk keberlanjutan proyek tersebut.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...