Gojek Gaet Food Vlogger dan Perusahaan AS Promosikan GoFood ke Global
Decacorn Tanah Air, Gojek menggandeng Food Vlogger dan Discovery Asia-Pasifik untuk mempromosikan kuliner buatan mitra GoFood ke kancah dunia. Gojek enggan berkomentar mengenai target transaksi lewat kolaborasi ini, namun perusahaan berharap makanan Indonesia bisa dikenal masyarakat dunia.
Discovery Asia-Pasifik merupakan bagian dari perusahaan media massa asal Amerika Serikat (AS), Discovery Inc. Sedangkan Food Vlogger merupakan sebutan bagi video blogger khusus kuliner.
Kerja sama tersebut tertuang dalam program bertajuk #PetualanganKuliner. “Kuliner mitra penjual kami tampilkan, sehingga memudahkan konsumen,” kata Chief Marketing Officer (CMO) Gojek Ainul Yaqin di Jakarta, Kamis (21/11).
Ia hanya menyampaikan bahwa transaksi GoFood meningkat 2,5 kali lipat dibanding Kuartal II-2019 (quarter to quarter/qtoq). Gojek telah menggaet 500 ribu mitra penjual, dengan 12 juta menu. Sekitar 95% di antaranya merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
(Baca: Gojek Klaim GoFood Kuasai Pangsa Pasar di Asia Tenggara)
Program tersebut akan melibatkan mitra GoFood di Sembilan kota, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Medan, Palembang, Bali, dan Makasar. Food Vlogger akan memasarkan kuliner mitra GoFood sebulan sekali di tiap kota mulai tahun depan.
Gojek menggandeng dua Food Vlogger Carlos dan dan Magdalena. Akun YouTube Carlos bernama Nex Carlos memiliki 2,25 juta pengikut terdaftar (subscriber). Sedangkan akun YouTube Magdalena, yakni MGDALENAF dengan 1,92 juta subscriber.