Gojek Gaet Food Vlogger dan Perusahaan AS Promosikan GoFood ke Global

Penulis: Fahmi Ahmad Burhan

Editor: Desy Setyowati

21/11/2019, 17.49 WIB

Kuliner mitra GoFood bakal tayang di kanal Discovery.

Gojek gandeng food vlogger dan perusahaan media massa asal as untuk promosikan kuliner mitra gofood
gojek
Group Chief Marketing Officer Gojek, Ainul Yaqin (tengah), Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Rizki Handayani Mustafa (kedua dari kiri), Vice President and General Manager, Southeast Asia, Discovery Networks Asia-Pacific, Anna Park Burdin (kedua dari kanan), bersama Food Vlogger, MGDALENAF & Nex Carlos saat acara diskusi program #PetualanganKuliner, di Jakarta (21/11). Program ini merupakan kolaborasi antara GoFood, Discovery Asia-Pasifik, Kementerian Pari

Decacorn Tanah Air, Gojek menggandeng Food Vlogger dan Discovery Asia-Pasifik untuk mempromosikan kuliner buatan mitra GoFood ke kancah dunia. Gojek enggan berkomentar mengenai target transaksi lewat kolaborasi ini, namun perusahaan berharap makanan Indonesia bisa dikenal masyarakat dunia.

Discovery Asia-Pasifik merupakan bagian dari perusahaan media massa asal Amerika Serikat (AS), Discovery Inc. Sedangkan Food Vlogger merupakan sebutan bagi video blogger khusus kuliner.

Kerja sama tersebut tertuang dalam program bertajuk #PetualanganKuliner. “Kuliner mitra penjual kami tampilkan, sehingga memudahkan konsumen,” kata Chief Marketing Officer (CMO) Gojek Ainul Yaqin di Jakarta, Kamis (21/11).

Ia hanya menyampaikan bahwa transaksi GoFood meningkat 2,5 kali lipat dibanding Kuartal II-2019 (quarter to quarter/qtoq). Gojek telah menggaet 500 ribu mitra penjual, dengan 12 juta menu. Sekitar 95% di antaranya merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

(Baca: Gojek Klaim GoFood Kuasai Pangsa Pasar di Asia Tenggara)

Program tersebut akan melibatkan mitra GoFood di Sembilan kota, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Medan, Palembang, Bali, dan Makasar. Food Vlogger akan memasarkan kuliner mitra GoFood sebulan sekali di tiap kota mulai tahun depan.

Gojek menggandeng dua Food Vlogger Carlos dan dan Magdalena. Akun YouTube Carlos bernama Nex Carlos memiliki 2,25 juta pengikut terdaftar (subscriber). Sedangkan akun YouTube Magdalena, yakni MGDALENAF dengan 1,92 juta subscriber.

Selain itu, kuliner mitra GoFood akan tayang di kanal baru Discovery Asia-Pasifik mulai tahun depan. Kanal khusus makanan itu akan diluncurkan pada 29 November 2019. “Program #PetualanganKuliner dapat disaksikan di Discovery dengan jangkauan penonton hingga 27 juta orang di Asia Tenggara,” kata Vice President, and General Manager Southeast Asia, Discovery Networks Asia-Pacific Anna Pak Burdin.

(Baca: Perkuat GoFood, Gojek Luncurkan Tiga Layanan Baru)

Food Vlogger Magdalena berharap, program ini mendorong lebih banyak wisatawan untuk mengeksplorasi keunikan masakan Indonesia. Sedangkan Carlos mengatakan, GoFood memudahkan pengguna mendapatkan kuliner yang sesuai lewat teknologi kurasi.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Rizki Handayani Mustafa mengatakan, Gojek perlu memberikan pelatihan kepada mitra GoFood. Hal ini bertujuan meningkatkan kualitas produk, apalagi kulinernya akan dipromosikan secara global.

 Selain melalui Food Vlogger dan kanal Discovery, Gojek mempromosikan kuliner GoFood lewat aplikasi. Pengguna bisa memilih kuliner yang dipromosikan itu lewat banner #PetualanganKuliner di layanan GoFood.

(Baca: Bersaing Ketat, Grab dan Gojek Rilis Menu Eksklusif dan Cloud Kitchen)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan