Pemerintah Bakal Setop Pengiriman Gas ke Singapura

Image title
28 November 2019, 11:18
Karyawan memeriksa instalasi jaringan pipa gas di kawasan Onshore Receiving Facility (ORF) atau fasilitas penerimaan gas PT Pertamina Gas (Pertagas) di Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (3/10/2019).
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Ilustrasi. Gas yang semula dipasok ke Singapura akan dialirkan melalui pipa Duri-Dumai‎ ke seluruh Sumatera.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bakal menghentikan pengiriman pasokan gas bumi dari Blok Corridor ke Singapura setelah kontraknya berakhir pada tahun 2023. Hal ini dilakukan guna menggenjot pemanfaatan pasokan gas bumi untuk kebutuhan dalam negeri.

‎"Gas masih banyak di Sumatera, suplai ke Singapura berakhir 2023 akan kami tarik ke dalam negeri," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif di Komisi VII DPR RI, Rabu (27/11).

Advertisement

Ia menjelaskan, gas yang semula dipasok ke Singapura akan dialirkan melalui pipa Duri-Dumai‎ ke seluruh Sumatera. Pengaliran gas kemudian akan dilanjutkan ke seluruh pulau Jawa.

Saat ini, pemerintah juga mulai melakukan penjajakan kepada pengelola sumur gas yang berada di wilayah Sumatera. Ini dilakukan agar gas dari sumur-sumur tersebut dapat disalurkan dan didistribusikan di seluruh Indonesia.

(Baca: SKK Migas: Calon Mitra Premier Oil di Blok Tuna Berasal dari Rusia)

Arifin menyebut pasokan gas dari Sumatera nantinya akan terintegrasi ke pulau Jawa melalui sejumlah ruas pipa. Proyek pipa Trans Jawa terdiri dari tiga proyek utama.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement