Sri Mulyani Sebut 7 BUMN Masih Rugi Meski Sudah Disuntik Negara

Agatha Olivia Victoria
2 Desember 2019, 14:09
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan terkait upaya pemerintah untuk membendung banjir impor tekstil dan produk tekstil (TPT) di Jakarta, Senin (14/10/2019). Pemerintah telah dan akan terus memberikan sanksi berupa pembekuan hingga mencabut i
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengalokasikan anggaran PMN untuk BUMN mencapai Rp 17,73 triliun tahun depan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan terdapat tujuh BUMN yang masih merugi mestik telah disuntik Penyertaan Modal Negara atau PMN.

"Di tahun 2018, kerugian masih terjadi pada tujuh BUMN," kata Sri Mulyani dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung DPR, Jakarta, Senin (2/12).

Ketujuh BUMN tersebut, yakni PT Dok Kodja Bahari, PT Sang Hyang Seri, PT PAL, PT Dirgantara Indonesia, PT Pertani, Perum Bulog, dan PT Krakatau Steel. 

Sri Mulyani menjelaskan, kerugian dialami pada Krakatau Steel akibat beban keuangan selama konstruksi. PAL merugi akibat peningkatan beban lain-lain hingga tiga kali lipat yang disebabkan kerugian nilai tukar dan entitas asosiasi.

(Baca: Kemenkeu Asuransikan 1.360 Gedung Milik Negara Senilai Rp 10,8 Triliun)

Selanjutnya, pada Perum Bulog mengalami kelebihan pengakuan pendapatan atas penyaluran beras sejahtera atau rastra sehingga Bulog harus melakukan koreksi pada  pendapatan pada tahun lalu. Sang Hyang Seri merugi akibat inefisiensi bisnis, beban bunga dan perubahan kebijakan pemerintah dalam mekanisme pengadaan benih.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...