Tak Pernah Bangun Kilang Minyak, Jokowi: Indonesia Disuruh Impor Terus

Dimas Jarot Bayu
16 Desember 2019, 14:58
jokowi, kilang minyak, impor minyak
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
Ilustrasi kilang minyak milik Pertamina UP II Dumai. Jokowi sudah meminta Indonesia membangun kilang minyak sejak mulai memimpin Indonesia di 2014, namun hingga saat ini tidak ada proyek yang dimulai.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali mengeluhkan tak adanya perkembangan pembangunan kilang minyak di Indonesia. Bahkan, Jokowi menyebut Indonesia tak pernah lagi membangun kilang minyak selama 34 tahun terahir.

Jokowi mengatakan bahwa dia sudah meminta pembangunan lima kilang minyak semenjak dilantik sebagai Presiden pada periode pertama. Hanya saja, belum ada satu pun kilang minyak tersebut yang pembangunannya berjalan hingga saat ini.

“Janji-janji (pembangunan kilang minyak selesai), dua tahun lagi, tiga tahun lagi. Enggak ada yang selesai 1% pun,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12).

Menurut Jokowi, hal tersebut terjadi karena adanya pihak yang ingin Indonesia terus menjadi negara pengimpor minyak. Jika pemerintah selesai membangun kilang, mereka khawatir akan kehilangan pendapatan dari impor minyak.

(Baca: Pertamina Masih Cari Mitra untuk Garap Kilang Bontang dan Balongan)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...