Menteri ESDM Minta Pertamina Percepat Pembangunan Kilang TPPI

Image title
23 Desember 2019, 20:08
Menteri ESDM Arifin Tasrif meminta Pertamina untuk mempercepat pembangunan kilang TPPI di Jenu, Tuban, Jawa Timur
ANTARA FOTO/Moch Asim
Ilustrasi, pekerja beraktivitas di kawasan kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban, Jawa Timur, Sabtu (21/12/2019).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meminta Pertamina untuk mempercepat pembangunan kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Jenu, Tuban, Jawa Timur. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap perusahaan pelat merah itu merampungkan proyek tersebut paling lambat pada 2023.

"Itu (pembangunan kilang TPPI) harus dipacu supaya cepat," kata Arifin di Gedung BPH Migas, Senin (23/12).

Arifin mengatakan, kementeriannya bakal membantu Pertamina jika ada hambatan dalam pembangunan Kilang Tuban. "Hal-hal yang ada, hambatan aturan dan sebagainya itu seharusnya Kementerian ESDM yang memperlancar," kata dia.

Katadata.co.id pun menghubungi Pertamina terkait progress pembangunan Kilang Tuban. Namun, Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman belum menjawab pesan hingga berita ini diturunkan.

(Baca: Tinjau Kilang Petrokimia TPPI, Jokowi Harap Hemat Devisa Rp 56 Triliun)

Presiden Jokowi sudah akmeninjau kilang TPPI pada akhir pekan lalu (21/12). Rencananya, kawasan kilang tersebut dikembangkan menjadi industri petrokimia nasional yang menghasilkan beragam produk turunan petrokimia dan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Jokowi menyatakan sudah meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama untuk segera menyelesaikan pembangunan kilang tersebut. Ia meminta penyelesaian tidak lebih dari tiga tahun.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...